Cara mudah merakit / membuat power speaker aktif

Slamat siang gan. Bagi agan2 yang belajar membuat atau mau bikin power speaker akatif silakan kan baca artikel saya ini tentang cara membuat speaker aktif atau merakit sendiri power aktif.
Caranya membuat juga cukup mudah tentunya agan akan lebih hemat di banding beli jadi langsung di toko. hehehe.
dengan belajar bikin sendiri itung2 buat kriaktifitas siapa tahu di kemudian hari ada gunaya dalam hal elektronik.
Lansung saja gan siapkan bahan2 nya untuk membuat audio power speaker aktif. diantaranya.
trafo dan kit komponen yang sudah jadi.
bahan2 tersebut bisa agan beli langsung dari toko jual komponen electro.
untuk komponen kit power speaker aktif terserah agan. perlu agan ketahui ada banyak sekali modelnya yang saat ini lagi ngetren kitnya sudah kumplit dengan subwofer atau tambahan super bass. tujuannya suapaya suara speaker aktif agar lebih mantab suratab hehehe. dan contoh kit powernya kurang lebihnya seperti gambar di bawah ini gan.
membuat power speaker aktif

Kit tersebut sudah kumplit semua gan jadi agan tinggal tambah trafonya saja. dan cara merakitnya agan ikuti itruksi nya sebagai berikut.
di dalam pcb atau papan rangkaian kit power terdapat tulisan, biasanya ada INPUT. AUTPUT AUDIO dan 18AC CT 18AC. jika agan sudah menemukan tulisan kode input dan autput audio dan ac, ct ac.
selanjutnya agan siapkan bahan untuk merakit ya itu solder dan timah untuk platri.
agan lihat trafo yang sudah agan siapkan lihat ada tulisan 18 ct 18. perlu agan catat semua trafo bisa beda beda. ad juga yang 15 ct 15 dll.
jika sudah agan hubungkan antra tafo dan kit power . caranya hubungkan 18 ac dari trafo ke kit 18ac dan ct dari trafo hubungkan juga ke ct kit power speaker aktif dan yang terakhir 18 ac dari trafo hubungkan lagi ke 18 ac ke kit power speaker aktif. jika sudah selesai giliran auput audio yang ada di kit power hubungkan ke speaker pengeras suara. jika sudah yang terakhir input yang ada di kit rangkaian speaker aktif. input ini nantinya yang akan di hubungan ke DVD,CD, ATAU yang lainya sperti tv dan radio dll. selamat mecoba gan. jika ada gendala yang di hadapi tinggalkan komentar di bawah gan.
atau bisa agan lihat cara servis atau memperbaiki speaker aktif klik disini.
Previous
Next Post »

30 komentar

  1. gan sebenernya saya cuma mau nambahin colokan buat jack mic di speaker saya. .. saya bingung gimna caranya gan.. bisa tolong di jelasin gan?? mohon petunjuknya ya gan..

    BalasHapus
  2. Jika mau di pasang jeck mic, agan tambahin aja pre em penguat mic, harganya berfariasi cari di toko electro gan banyak. pasangangnya agan cari jalur inpunya pwr dl baru output pre em di pasang, out pre em dapat input pwer, jngn lupa dc pre em / penguat mic jug harus di kasih setrum.

    BalasHapus
  3. gan, ane masih bingung sama cara pemasangan trafonya ??
    mohon bantuannya..
    thanks

    BalasHapus
  4. Biasanya di trafo ada tulisan CT kl belinya di toko, ct itu sama dengan 0 gan di samping CT biasanya ada beberap pilihan agan samakan aja ama yang di pcb kit power. misalkan di kit pc ada tulisan 18V 0 18V. maka angka 0 agan hubungan ke ct dan 18 v 18v agan hubungan ke sebelah kiri dan kanan.

    BalasHapus
  5. agan trafo aku kok panas banget ya...pada hal kalo di lihat semua nya udah bener..cuman ga tau setelah lebih dari 1 jam trafo jadi panas bnget..
    malah trafo yang pertama ampe mati,,,trus ane beli lagi 1 tapi tetep aja masih panas...
    mohon bantuanya gan...

    BalasHapus
  6. Suaranya normal gak gan kl normal semua mungkin agan salah pasang input ac nya coba di cek siapa tahu gak di 220 tapi di 110. kl sudah benar masih terlalu panas coba ganti yang ampernya lebih gede. wah jadi modal lagi dunk hehehe.

    BalasHapus
  7. gan kok punya kok gk bisa bunyi ya..??
    knpa gan ..??
    dan juga di input nya sekitar resistor panas gan..
    knpa ya gan..??

    BalasHapus
  8. supaya suara bass/subwofer lebih bagus gmn gan?

    BalasHapus
  9. gan mau naxa ni ko spiker aktf aq ni suara nya pelan banget.....
    mhn so lusinya.....

    BalasHapus
  10. gan kira-kira semua hrga berapa untuk membuat power

    BalasHapus
  11. gan mau tanya untuk sambungan kabel lubang mic(3 kaki) ke pcb speaker aktif ( G & mic ) gimana .saat volume mic diputar ada suara kemresek cara ngatasinya gimana thx

    BalasHapus
  12. Sangat lengkap ulasan tentang cara mudah membuat speaker aktif ini gan, semoga bisa memberi manfaat untuk semua pembaca, khususnya buat saya pribadi.
    TOA.

    BalasHapus
  13. Gan gmna psang input tone control? klo q psang hp q hpnya msh bunyi jd suaranya gk bsa normal kyak pake vcd, tlg dibantu..?

    BalasHapus
  14. itu mungkin colokan input yang menancap di hp agan kurang pas. biasanya begitu gan kl kurang tepat suara dari hp masih keluar di hape.

    BalasHapus
  15. Gan, harga elco ukuran 5000uf keatas brp ya?

    BalasHapus
  16. tergantung merek dan kualitas elco gan. kl yang bisa sich saya kira gak sampai 10.000

    BalasHapus
  17. brapa amper gan travo yang dipakai buat spiker aktif??

    BalasHapus
  18. yang umum biasa 5A gan, Tapi yang CT.

    BalasHapus
  19. gan kalo mau nyocokin sama speakernya berapa in gtu . . gmna caranya gan .. di lihat dari apa.y yah .. .

    BalasHapus
  20. gan buat spiker aktif trafo di ganti power suply swicthing bisa gak?

    BalasHapus
  21. Gan kalau kabel - dari trafo menuju ke pcb.nah di pcb biasanya tulisanya apa.trmksh gan tlong bntuanya

    BalasHapus
  22. bisanya kl gak ac... ct ac... atau dc... ct dc....

    BalasHapus
  23. gan saya mau tanya..speaker aktif saya mendengung tapi masih keluar suara treblenya,itu apa masalahnya mohon di bantu..!

    BalasHapus
  24. Gan di rumah ada speaker pasif politron SB-1006. Bisa ga sih kalo di jadiin speaker aktif tanpa harus bantuan emply. Supaya bisa langsung di setel dan di colok ke hp. Kalo memang bisa komponen yg di butuhin nya apa aja. Makasih gan

    BalasHapus
  25. Agan ahmad hebat btul,,,,salut ama agan mao brbagi ilmu. Ane yg msih blajar ngrasa kbantu ame postingan agan ahmad. Smoga ilmu nte itu trus brtmbah n brmanfaat bgi org laen. Lanjutkan gan,,,,

    BalasHapus
  26. bos, mau tanya. .
    kalou mau masang kipas 220 Volt AC, pada power amp gimana ya??
    tolong penjelasan nya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasang nya ngikut aja di ac 0-220 travo gan.

      Hapus
  27. mas saya punya speaker aktif, ingin sya tambahkan alat agar bsa menggunakan mic, tp alat.y rangkaian mic dr vcd. Kira2 bsa ga yah? Trus cra nyambung.y gmna?
    Makash sbelum.y. Mohon d jwab mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya rangkian mix yang ada di dvd ikutan di kit inpeg dvd, Cukup ribet gan, Beli aja rangkaian kit digital mix eco, harga nya tidak terlalu mahal, memasang nya output rangkaian kit mix nya di sabung ke input power aktiv. kl bs input nya ngambil langsung dari power y, supaya tidak mempengaruhi volume musik utama.

      Hapus
  28. Gan, saya punya speaker pasif 15" crimson mau saya jadikan aktif .. bagaimana Cara pilih module kit ? Dan apa saya yg perlu dibeli selain modul kit, trims

    BalasHapus