menentukan ukuran kawat lilitan membuat setrum ikan elektrik

Bagian terpenting saat proses membuat alat setrum ikan adalah di bagian kawat  imael yang akan di gunakan untuk membuat alat setrum ikan. sebab besar kecil ukuran kawat imael akan berpengaruh di kuat arus listrik yang di keluarkan alat setrum ikan.
misalkan agan melilit kawat imael berukuran besar kawat 1mm dan 1 lagi menggunakan kawat ukuran 1,2mm maka hasilnya yang di keluarkan dari hasil kedua ukuran tersebut tentu ukuran kawat yang lebih besar arusnya lebih kuat di banding ukuran kawat yang 1mm tadi. karena medan mahnit yang di hasilkan kawat yang 1,2 lebih besar dan amper arus juga lebih besar. dan ini akan berpengaruh pada arus listrik yang keluar.

membuat alat setrum ikan dengan ukuran kawat yang kecil memang lebih menghemat biyaya di banding dengan ukuran kawat yang besar. misalkan membuat lilitan setrum ikan dengan kawat imael ukuran 1 mili menghabiskan kawat seberat 1,5on jika menggunakan kawat ukuran 1,2mm akan mengahabiskan 2 ons. pada intinya jika membuat alat setrum ikan menggunakan kawat berukuran besar maka biyaya akan makin bertabah. demikianlah informasi tentang pentingnya menentukan kawat lilitan setrum ikan. di lain waktu akan saya bahas tentang ukuran dan berat yang di butuhkan untuk membuat setrum ikan muali yang ukuran terkecil sampai yang terbesar 2,5mm.

dan jika agan minat membuat setrum ikan pada waktu yang lalu sudah saya shering tentang cara membuat setrum ikan silahkan buaka halaman cara membuat setrum ikan. terimaksih.
Previous
Next Post »

70 komentar

  1. Mau tanya Mas klo keren ukuran panjang 13,5cm L/T 2cm, bagusnya berapa cm yang di lilit imael 11 cm/ 12 cm/13 cm, trs berapa lapis/sap dan ukuran berapa mm kawat imaelnya..kepingin aku mau bkn setrum ikan yg satu lilit/ primernya saja dan menggunakan 1 aki/ accu 12V - 10 Amp

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih gan dah mau menjadi komentator di sini.
      dan ini saran yang saya anjurkan. gunakan kawat yang berukuran 1,8mm/1,9mm. kasih 5lapis panjang li2tan kasih 12cm.

      Hapus
    2. Mas mau tanya kalau mau gulung setrum ikan pake kawat 1mm sama 0.6 itu per sap nya di hitung apah enga kalaw di hitung per sap nya harus berapa lilit dan harus berapa sap primer nya dan untuk sekunder nya per sap nya harus berapa lilit dan berapa sap mas trimakasih

      Hapus
    3. Klk primer 1,5 mm butuh berapa ons

      Klk sekunder 1 mm butuh brpa ons
      Buat aki 12v om mohon bantuannya

      Hapus
  2. Sama2 Mas...Aku dah bikin pake kawat ukuran 2mm, 5 lilitan/lapis sebyk 7on, cuma kenapa klo di kasih kondensor 12 biji gak mau/ percikan api gak beraturan/bnyi kasar tp klo di kasih 1-2 biji kondensor bisa bunyi halus/bunyi tiiiiiiiiittttttt tp cuma keluar 30-40 Vac aku ukur pake avometer digital nah klo pake kondensor 12 biji bisa keluar 72-81-90 Vac ia itu tadi bunyinya gak bgs/ kasar bget apa yg salah yahhhh mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. numpang saran mas.. klo suara & prcikan pd tangkai platina pgn stabil tbhkn aja capasitor ukrn 220v -+ yg 8mikro ufh. untuk meredam arus pd platina yg tak beraturan.. tanks.

      Hapus
    2. Gan itu capasitor sanyo ya

      Hapus
    3. Gan itu capasitor sanyo ya

      Hapus
  3. salam kenal , dan terimah kasih banyak atas infonya.
    saya mau tanya mas klo melilit kumparan yg tenaga'y yang lebih kuat, sebaiknya menggunakan lilitan primer atau primer dan sekunder.
    untk digunakan pada aki 12v 10Amp
    mohon bantuannya , terimah kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. arus yang bertenaga kuat primer sekunder/primer aja itu sama saja. tenaga tergantung dari ukuran kawat gan. makin besar ukuran kawat makin besar pula amper. makin besar kawat biayaya juga makin gede he3x. makasih gan dan mau singgah di sini.

      Hapus
  4. oh ya mas yuffan kondesor sebenarnya gak perlu banyak2 cukup 5-6 atau 4 juga gak pa2. suara kasar itu pada saat di air atau di darat mas. jika di darat kasar coba dulu di air siapa tahu di air dah bisa halus. jika di air masih suara kasar tangkai platina coba di setting. cari suara yang tepat. di utik 2 aja mas pasti bisa. untuk pemula rata rata kesulitanya emang di bagian seting platina untuk menghasilkan suara yang bagus dan arus strum yang maksimal.

    BalasHapus
  5. Seblmnya mksh bget bt Mas Ahmad atas bimbingannya dan maaf klo byk tanya.
    sewak nyoba setting platina di air Mas hampir setenga harian di pinggir kolam, tagkai platina aku gunakan besi keren 5 Amp 1 biji, nanti aku coba tangkai platinanya pke gragaji besi deh...nah klo untk spul/ lilitan apa dah cukup mas aku pake kawat ukuran 2mm, 5 lilitan/lapis sebyk 7on, jdi tinggal setting platinanya aja yah... Mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dah cukup. oh y itu tangkai terlalu lentur jgn pakai graji tau besi keren. kasih kira2 tagkai yang tebalnya 0,8mm.

      Hapus
  6. OO pantesan setiap setting platina aku selalu gunakan besi keren dan gragaji besi mas, jd lbh tebal dari itu jg ga pa2 yah....ok sip tar aku infokan hslnya

    BalasHapus
  7. lam kenal gan, mf ni sblumnya , , , , , ,,
    Mo tnya ni lox kwat emailnya pke kabel behel yg biasa buat listrik bisa ga ya, coz dsisi susah nyari kawat emailnya . . . . . .
    Tolong penjelasanya mas ahmad, soal'e awam bget ni soal ginian . . .. . .. He he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. lam kenal juga gan. yang jelas kawat imael bisa tapi yang ukuranya cukup besar, jika terlalu kecil misalkan 0,4 tau yang lebih kecil kurang maksimal.

      Hapus
  8. lam kenal Bos ,itu kondensor +lilitan klo untuk cari ikan terendam air apa g nyubitin punggung arusnya? soalnya nya saya kena air dikit aja bikin kaget

    BalasHapus
  9. Yang Jual kondensor itu biasanya di toko apa mas? terus harga satunya berapa?

    BalasHapus
  10. mas mau tny nih...
    Q pakai email ukuran 1,5 biar maksimal pakai model primer sekunder pa primer aj..trs kira2 habis brp ons ya mas..mksh sebelumnya...

    BalasHapus
  11. gabung gan ni saya mo tanya gmn kl buat strm ikan dg ukuran kawat email yg lbh bsr tp skndr dan prim nya sama sama 4 lapis trs apa pengaruhnya.....oya da lg bagaimana cara menyetel platina yg bnr.....matur thangs you agan agan semua

    BalasHapus
  12. mas kalau melilit primer sama sekundernya arahnya sama atau dibalik mkasihh

    BalasHapus
  13. halo konco sedulur ikut gabung ni, mo tanya ni kl setrum dengan kawat email ukuran 1,20mm untuk primer 5lapis dan sknd dg ukrn lbh bsr lg 3lps gmn gan tlng jwbnya trmksh

    BalasHapus
  14. 5SAP/LAPIS JIKA MENGGUNAKAN VOL DC 12V BATREE PRIMERNYA KEBANYAKAN KL MENGGUNAKAN VOL 24VOL BISA LANGSUNG DI BUAT OKEY.

    BalasHapus
  15. permisi gan mau tanya nih..?pemula banget ?ukuran kawat imael nya berapa ons yang bagus untuk satu lilitan?soalnya gan udah buat tapi kurang kuat..setrumnya? trima kasihh.

    BalasHapus
  16. 1 kumpuran menurut saya untuk pemula nggak cocok gan, bikin memang cukup sederhana namun pemakaiannya agak susuah butuh keaahlian menggunakan. kl semua saya jelaskan semua terlalu panjang. kl mau bikin silahkan gunakan kawat 1,9mm 7,5ons udah cukup bagus. untuk aki dc 12v-18v.

    BalasHapus
  17. permisi gan mau tanya lagi nih..?? setrum ane udah jadi cuma jarak setrum kira-kira kurang dari 1m ,kalau lebih 1m setrum nya gak tembus, ikan cuma kaget doang,apa pengaruh aki,atau lilitan,ane pakai kawat ukuran 0,7mm 20ns untuk primer,sekundernya 1mm 4 0ns,aki cuma 12volt 5ampere,tolong kasih pencerahan kekurangan dari alat itu,platina pakai platina mobil tengahnya bolong kondensor 9 biji,mau coba 1 lilitan kawat 1,9mm kebesaran susah gulung,gak bisa rapat,gitu aja terima kasih...agan....

    BalasHapus
  18. Batre sebenarnya juga sangat berperan gan, semakin besar amper semaikin maksimal, selain itu kawatnya imael juga yang agan bikin agak kecil yang 0,7 harusnya lebih besar dikit.

    BalasHapus
  19. panjang keren 6,5 cm brapa lilitan p dan s ,pake kawat brapa mm

    BalasHapus
  20. terlalu pendek itu gan lempengan besinya, tetap bisa di buat tapi sy blm tahu berapa banyak yang di butuhkan, krna terlalu pendek.

    BalasHapus
  21. salam knal gan, mau nanya nih klo untuk primernya ukuran emailnya yang lebih kcil atau yang lebih besar, terus perbandingan yang bagus ukuran emailnya brpa,dan utk primer dan skundernya di smbung atau gmn bagusnya, trims gan dari cilacap city

    BalasHapus
  22. yang bagaian Lp lebih besar gan, di banding Ls, 1,5 banding 1mm juga dah oke, caranya agan bisa pelajsri di skema 2 L gan.

    BalasHapus
  23. Kalo pake 2 aki,kawatnya perlu ditanbah pa gak gan??

    BalasHapus
  24. saya punya strum ikan jenis primer ukuran kabel lilitanya 1.2mm tapi gak mempan sama ikan mujaer itu gmana padahal platinanya udah kenceng bgt suaranya juga bagus tapi gak bisa mlumpuhkan ikan mujaer ...ada nda strum yg bisa mudah untuk mnangkap ikan mujaer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kawatnya kurang gde mas kalo untuk primer

      Hapus
  25. saya baru merakit setrum ikan dengan menggunakan kawat imael 1mm dan 0,7mm, arus AC yang keluar bagus, tapi waktu saya coba kok ikan gak mau terapung ya ikannya, cuma pinsan di dalam aja, minta solusinya dong supaya setrum ikan kalo di pake ikannya pada terapung atau bisa nyedot masuk ke jaringak stik kiri

    BalasHapus
  26. kl masuk sendiri ke jaring stik sendiri y susah gan, kl untuk bikin mengapung mungkin trik aja yang di butuhkan, coba saat nyetrum jangan langsung di panjar terus, coba kasih kejutan putus tiiit tit tit tit hehehe.

    BalasHapus
  27. Salm kenal mas saya mau bikin setrum ikan yang bagus ukuran kawat yg berapa dan berapa lapis

    BalasHapus
    Balasan
    1. inti nya semakain besar semakain kuat daya ampernya gan, coba 1,9mm 8ons pake satu batre 12vol, 2 aki 1kg.

      Hapus
  28. Gan mau tanya nih,kalau platinanya pake platina mobil bisa gak ya..
    Trus kondensornya pake kondensor apa/ukuran brp?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat bisa gan, Untuk ukuran bisa pake 0,25uf atau 0,27uf

      Hapus
  29. Mas saya mw tanya klu pke kawat ukuran 2m kren pnjng 17cm dan lebar 2,5 dan tinggi 2 cm brp cm yg di lilit untuk 2aki

    BalasHapus
    Balasan
    1. berapa banyak lilitan saya gak bisa memastikan gan, biasanya saya pake ukuran berat hehehe, kasih 1kg atau 1,1 kg gulung ampe habis.

      Hapus
    2. Klu kren 11,5 kawat 2m 1kg apa di gulung habis juga mas untuk 2 aki?
      Mohon di jawab mas soalnya besok mw lngsung saya rangkai mudah2 bagus hsilnya

      Hapus
  30. mas mau tanya, knapa arus nya ngak ngalir ke stik, padahal api di platina nya bagus mohon solusinya.....

    BalasHapus
  31. Harus udah keluar arus gan, coba cek kabel yang menghubung ke stik, kawat dembaga nya dari rangkaian yang menghubung ke stik jika belu di bersihkan kulit nya di gosok hingga kawat dembaga nya jelas kelihatan.

    BalasHapus
  32. Mas saya udh gulung kawat ukuran 2m 1 kg LBH kren pnjng 11.5 cm yg dililit 10cm persapnya 46 lilitan x 6 sap LBH setengah pke kondensor 6 buah platina sinso pke 2 aki!
    Tp knp platinanya kyk kebakar dan jeplak2 mas?
    Moga mas ahmad gk bosen untuk mnjawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan cek tangkai platina nya jangan terlalu keras gan, Agan seting mulai dari terkecil, Maksud nya 2 mata platina cuma nempel aja dulu, Jika udah bunyi, keraskan tangkai sampai ketemu percikan api yang pas, perlu di ingat juga jarak besi keren ama tangkai jangan terlalu jauh, kasih jarak 2mili. nanti kalo udah mahir seting bisa mengatur besar kecil arus setrum nya dari situ.

      Jika jeplak nya yang agan masksud lengket ke keren gak mau balik tanda nya ad salah satu condensor ada yang mati, yang mati harus di lepas supaya yang lain bisa fungsi normal.
      cara cek yang mati, birkan jeplak lengket di keren beberapa detik, stelah itu sentuh body condensor nya yang terasa cukup panas di banding dengan c yang lain biasa nya itu yang mati.

      Hapus
  33. saya mw tanya sbnrnya yg di butuhkan strum ikan itu amper kuat atw kecil?
    Amper kuat tapi di Lampu redup tp platinanya cepat panas
    Amper kecil di Lampu terang sama persis kyk di hidupin PLN mohon di jwab mas saya msh bingung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuat A arus gan, Saya contohkan seperti koil busi motor, Kenapa waktu kena air kelistrikan nya hilang, Normal nya sangat besar sekali, itu karna A nya sangat kecil sekali, Satu lagi raket nyamuk juga sama begitu.
      Panas tidak nya itu platina bisa dari setingan tangkai terlalu kencang, juga bisa dari kurang lilitan, Juga bisa karena terjadi konslet di dalam lilitan.
      Kenapa butuh arus yang kuat, secara tidak langsung arus nya kita konsletkan melalui air, Jika arus nya kuat air yang di aliri setrum masih tetap besar, sebalik nya gan, kl kecil agan bisa tafsirkan sendiri.

      Hapus
  34. Malam mas. Salam kenal.
    Kalau boleh aku mau nanya.
    Kalau di tes pakek lampu 5 wat, bisa gak. Dan kalau bisa seberapa terang lampu itu.

    BalasHapus
  35. Malam mas. Salam kenal.
    Kalau boleh aku mau nanya.
    Kalau di tes pakek lampu 5 wat, bisa gak. Dan kalau bisa seberapa terang lampu itu.

    BalasHapus
  36. Saya mau tanya gan, klo misalnya kita bikin gulungan type PS pakai kawat imail premer ukuran 2mm sebanyak 1kg dan skunder ukuran 1mm sebanyak 1,5kg ukuran keren lebar 3cm dan panjang 13cm, apakah ini akurat dgn ukuranx untuk aki 2-4 dan pakai kondessor 25-45 biji, mohon pencerahanx..

    BalasHapus
  37. Kak mohon bantuan ya
    Saya punya setrum ikan tipe primer
    Panjang krenya 13cm lebar 2x2cm
    Ukuran kawat email 2 mm 1kg.
    Truss kok ngk bisa ya kayak tempuk kabel nya,platinanya ngk mau getar . minta solusi dan sketma nya ...😇

    BalasHapus
  38. Mas mau nanya ,klu p 2mm ,s 1,2mm .berapa ons p dan s nya untuk accu 24 volt mohon pencerannya

    BalasHapus
  39. sori gan mau tnya?klo kwat ukran 0,9cuma serah jrum jam aja bosa ga ya gan.mohon di jawab

    BalasHapus
  40. Minta bagi ilmunya masbro.. :-)

    Kalo' sy mau bikin spool untuk 1 aki 12V 10A, kren standar 10-12 cm..primer 3 saf sekunder 7-9 saf..
    Menurut masbro ukuran kawat untuk primer & sekundernya yg terbaik brp, biar daya stroomnya maksimal ?

    BalasHapus
  41. Gan mau tanya kalo pake kawat 1,5 itu bisa gak gan buat setrum primer saja pake aki motor kalau bisa butuh berapa on kawatnya dan juga kern 13cm perlu berapa lapis

    BalasHapus
  42. Kalo kawat 1,2mm sama 06mm berapa lilitan akinya berapa gan

    BalasHapus
  43. Kalo kawat 1,2mm sama 06mm berapa lilitan akinya berapa gan

    BalasHapus
  44. Gan saya mau tanya nih, saya punya strum ikan hasil eksperimen sendiri ( coba--oba ) Kren 10cm X 2 X 1,8, primer 1,5 4 sap, sekunder 0,8 13 sap, kondensor 7 bj, kapasitor 4uf 1 bj, tany mau saya tanyakan, kalo pake aki 1 ikan cuma terkejut waktu saklar on dan pas off ikan kabur, kalo pake aki 2 (24v) platina membara alis panas, mohon solusi apa penyebab dan apa yang harus saya rubah, maaf panjang pertanyaan saya, maklum pemula, ditunggu jawabannya.

    BalasHapus
  45. Mas mau tny kl mau buat strum dgn berat kawat 1 kg,brp ukuran dan berat untuk primer dan sekundernya mas

    BalasHapus
  46. Mas mau tanya kalau mau gulung itu lilitan per sap nya di hitung apa engga terus kalau di hitung per sap nya berapa lilitan mas dan yang bagus lilitan skunder nya harus berapa sap Dan primer nya berapa sap mas trmakasih

    BalasHapus
  47. Ma'af mas..ni saya coba merakit pake besi kern panjang 13cm
    Lebar 2cm tinggi 2,5cm
    Yg saya lilit 10cm
    Pake kawat primer 1,2cm 3sab
    Skunder 0,8cm...
    Yg jadi pertanya'an saya harus berapa sab kah lilitan skunder ny...trmksh..

    BalasHapus
  48. Mas kalau gulungan yg primer pakai kawat 1,3 mili. Dan yang skunder nya pakai 0,9 mili,nanti hasil nya bagus gak ya

    BalasHapus
  49. Assalamualaikum bang kira² ukuran kabel tembaga yang pas untuk membuat sentruman ikan

    BalasHapus
  50. Permisi mas, saya mau rakit setrum ikan saya pakai primer 0.7 sebanyak 5sap, dan skunder pakai 1,2sebyak 20 sap dan panjng plat Kern nya 12 cm,dan saya mengunakan kondensor Denso 10 pis, dan platina pakai baja wedia, kira" aki 12 vol 1 tahan berapa lama yah mas. Mohon masukan nya

    BalasHapus
  51. Mas ..mau tanya nih..kalo email trafo yg 10 ampere itu .ukurannya berapa??dan apakah bisah di buat untuk dasar primer dan butuh berapa sap?? Trimakasih

    BalasHapus