cara merakit komponen - alat setrum ikan

untuk membuat alat setrum ikan ada harus wajib bisa merakit sendri. karena alat ini tidak ada di jual di toko. kecuali agan menggunakan mesin jenset atau inferter yang berukuran what besar. baru anda bisa beli di toko. jika agan ingin membuat asli khusu untuk membuat alat setrum ikan anda harus bisa merakit sendri. kenapa saya bilang di atas bahwa alat ini asli khusu untuk ikan. karena boleh di bilang alat ini lebih mudah di bawa dan tentunya lebih awet dan hemat. di banding dengan alat inferter atau jenset. inferter jika arusnya di masukan ke dalam air inferter ini tentu akan cepat rusak apalagi jika terkena air. jenset juga untuk bisa beroprasi membuthkan bahan bakar jika sehari menghabiskan 3-4liter bahan bakar berapa duit yang di keluarkan hitung saja sendri kl / liter 5000rb.
beda dengan alat asli khusu setrum ikan terendam air tidak akan jadi masalah. hemat cukup dengan pengisian aki mungkin cuma butuh 2-3rb.

kembali ke pokok bahasan cara merakit setrum ikan.
pada waktu yang lalu telah saya ulaskan cara membuat setrum ikan tipe primer dan skuder jika anda minat dengan tipe alat setum ikan primer dan skuder cara membuatnya dapat anda buka disini.
dan jika minat dengan rakitan strum ikan tipe primer atau biasa di sebut 1 lilitan dapat anda ikuti langkah langkah di bawah ini.

bahan yang perlu di siapkan untuk merakit atau membuat setum ikan.

  1. kawat imael kuarang lebih 3,5ons ukuran kawat 1,5mm
  2. keren atau inti besi lunak kurang lebih 31 biji ukran di sekitar 11cm.
  3. kondesor ukuran terserah yang penting masih berfungsi baik. dan yang sering saya pake 0,25uf.
  4. 2 buah platina. bisa punya mobil juga bisa punya motor. catatan palita ada yang kualitas buruk sangat pengaruh di kualitas setrum ikan.
  5. baut secrup secukupnya.
  6. isolasi secukupnya.
  7. papan kayu untuk merangkai alat setrum atau untuk menyatukan komponen.
  8. tangkai tipis.
  9. penyangga tangkai.
untuk merakit alat setrum ikan tipe singgel lilitan sama seperti alat setrum ikan yang lain. ya itu harus di lilit di batang besi keren. caranya sebagi berikut.

  • susun lempengan keren sebayak kurang lebih 30 biji sehinga membentuk persegi. sebagai contoh besi keren itu seperti apa bisa anda lihat gambarnya di bawah ini.



jika sudah tersusun seperti gambar di atas selajutnya melai tahap melilit akawat imail yang sudah agan siapkan di inti besi keren yang sudah tersusun rapi rapat. cara melilitnya perlu agan ingaty dari kiri memutar ke kanan. jika masih belum paham agan lihat aja detik jarum jam. itu arahnya nya berjalan kekanan.
contoh lilitanya seperti gambar di bawah ini gan.
jika sudah selesai melilit kira ada 4lapis sudah cukup karena ukuran kawat yang saya terangkan di sini berukuran 1,5mm dan panjang keren 11cm. dan yang terlilit sekitar 10cm lebih dikit. jika berlibihan lilitan hasilnya kurang memuaskan. karena tidak seimbang dengan acu 12v. jika agan menggukan 2 aki/acuu. maka lilitan harus di tambah. untuk membuat setrum ikan 2 aki/batre 24v akan saya bahas lain kali. sekarang kita lanjut ke pokok pembahansan.
setelah selesai melilit maka tahab berikutnya mulain menyatukan kompunen yang masih terpisah seperti platina kondesor dan koil yang sudah agan lilit tadi. untuk menyatukan atau merakit agan perlu memperhatikan skema alat setrum ikan yang ada pada gambar di bawah ini.
sekema di atas dapat di jadikan pedoman untuk merakit sebuah alat setrum ikan tipe lilitan primer atau singgel lilitan. untuk hasil yang maksimal anda di wajibkan untuk sdikit berfikir sendri jika sudah menjadi rakitan setrum ikan coba anda otak atik di bagian platina untuk menghasilkan arus yang baik untuk itu anda harus coba mencoba sendiri. selamat mencoba semoga berhasil.
/[ 35 komentar Untuk Artikel cara merakit komponen - alat setrum ikan]\
Master-cell mengatakan...

selamat malam gan, maaf mau tanya. saya sudah merakit setrum seperti skema di atas, tapi hasilnya kurang memuaskan. setrum berfungsi, ikan gabus dan sepat juga sudah kena, tapi kelemahan setrum saya adalah: jarak platina dengan besi keren harus dekat (hanya 1mm), jarak kedua stik juga harus dekat (hanya 30-40cm kalo kejauhan ikanya cuma kaget dan lari), saya sampe pusing utak-atik platina hasilnya juga tetap sama. saya mohon di koreksi dan di bimbing gan, apa saja yg salah, yg kurang, dan yg perlu di benahi. untuk bahan2nya sbb: kawat ukuran 1,2 sebanyak 3,5ons. di sini tidak ada yg ukuran 1,5. keren gak ada yg jual, saya pake gergaji besi yg lebar 2cm dan tebal/tinggi cuma 8,5mm (mau beli banyak gak da duit, di sini harganya mahal). panjang keren 11cm, panjang gulungan 10cm 5sap. kondensor 10biji, platina 2biji (yg 1buat swit relay, yg 1buat saklar). stik dua macam, yg 1kuningan jerman, yg 1stainless (mau beli 1macem kbetulan tokonya kehabisan). total dana sudah habis 400ribu, itu belum termasuk aki. tolong bner ya gan, gimana caranya supaya setrum saya itu bisa jadi bagus. tadinya saya kpikiran mau pesan saja ke agan, tapi saya prkirakan gak cukup 600ribu. soalnya t4 saya blum ada jasa kurir ato pos. jadi kalo mau ambil paket harus naek mobil dulu 1hari dan ongkosnya PP gak cukup 300. oya gan, saya ada kawat ukuran 0,6tapi cuma 1ons. bagusnya buat apa ya? maaf kalo prtanyaanya kepanjangan, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

ahmad mengatakan...

biasanya yang menyebabkan yang agan alami itu,
1. kawat berukuran kecil.
2. arus aki yg masuk kurang besar.

solusi.
jika agan tidak maurepot mengurangi lilitan agan bisa menggunakan dobel aki/batre.

solusi 2.
kurangi lilitan pertama satu lapis/sap di kurangi, jika hasil nya sudah ada perubahan agan bisa mengurangi lagi 1 lapis lagi agar lebih maksimal sesuai aki yg di pakai.

Deri supitu mengatakan...

gan,saya mau tanya,kalau menggulung kawat email untuk bikin gulungan primer biar tak berantakan di ujungnya untuk beralih kebarisan ke 2 gimana ya.....

ahmad mengatakan...

tidak di kasih apa2 gan, intinya pada gulungan yang paling bawah kencang dan yang di atasnya pasti bisa tersusun rapi gitu aja.

fery pramanto St mengatakan...

gan mau tnya sya pkai kawat 1 mm, klu bwt nyetrum ikan wader kok gk bisa mati za..?? harus nempel dg kawat N lama bru bisa mati,kondensor mobil cari 0,25 4 biji, aki 10 ah. ketika saya tambah kondensor motor 0,27 8 buah jaadi total 12 buah bunyi di platina keras N nyala biru, tapi aki drop cuma sbntr gmna za.. trim.

ahmad mengatakan...

saran saya di teliti dulu gan apakah kawat imm nya udah sesuai dengan dc 12v. aki 10A itu sangat berpengaruh gan. dan merangkainya apakah sudah benar sesuai dengan skema alat setrum. seperti yang agan keluhkan itu kayaknya ada masalah, tambah kondesor harusnya lebih meredam api jdi gak terlalu panas.

Rizki Shinoda mengatakan...

,,saya punya kawat lilitan brukuran 1,7mm dan aki 10A
dan saya pengen buat dgn rangkaian jenis primer saja gan

untuk membuat itu ,
gimana ya agr bisa jadi setrom yg bagus..

perbandingan jumlah lilitan nya ,

sama kondensornya,???


dan apakah memang benar setrom dengan rangkaian hanya menggunakan primer saja ini termasuk ampuh, bisa di gunakan di air dalam??

dan dari mana timbulnya tegangan yang tiggi??
padahal kan cuman menggunakan lilitan primer saja??

heheheee maaf gan banyak tanya

krna saya org awam,tetapi juga pngen banyak tau :D

ahmad mengatakan...

kl agan masih awam lebih baik bikin yg dobel llitan karena yg satu kumparan agak membutuhkan ke ahlian, kl sy jelaskan semua yang maksud bisa melebar gk slesai2.

irwan maulana mengatakan...

brapa harga /unit nya gan..?? yg 1 kimparan..kira" ikan bobot brapa yg bsa d naikan.. dngan sistem 1 kumparan.. dan ikan berat brapa dngan pke yg dobel lilitan.. mohon info gan .. k emai sya maulanairwan88@gmail.com trimaksih sblm nya gan..

Muhammad Makruf mengatakan...

agan mau nanya nih....bisa ga setrum ikan ini di pake untuk setrum udang lobster atau sejenis nya at[au udang y[ang ada di dalam lobang tanah yang berair.....???

wadher mengatakan...

mau tanya gan, kawat email 1.7mm,bagusnya berapa sap ya gan? kern ukuran 2cm x 2cm panjang kern 11cm.terima kasih atas bantuannya.

wady Jagat mengatakan...

Kondesor ny brapa biji gan.?

budiaman mengatakan...

Kawat harus terdiri 2 ukuran , primer dan sekunder
input juga bisa di sesuaikan utk ukuran 12V - 24 vol DC
output juga bisa di atur sesuai ke inginan 150V AC - 300V AC
udah lama gak gulung spuul ikan sekarang malah gulung spul pompa air

riki adi Saputro mengatakan...

brother mau tanya. output yang akan dikeluarkan oleh rangkaian dan spesifikasi sesuai component dan rangkaian agan tersebut berapa yang seharusnya harus keluar. maksud saya dengan rangkaian agan tersebut mimimum dan maksimum tegangan pada output berapa ya? agar saya saat buat besok, bisa saya check langsung tanpa harus mencoba di sungai...hehehehehehehehhe...

ahmad mengatakan...

oke gan waktunya saya replay pertanyaan, rangkain yang agan maksud di sini adalah sebuah rangkaian model / tipe primer. jika agan bikin seperti skema di atas voltase ac autput jika di cek pake avometer manual bukan yang digital, cuma 60-70 ac tapi itu bukan hasil yang sebenarnya, kemungkinan autpu ac mencapai 220v, kenapa saya bilang begitu sengatan yang di hasilkan dari alat setrum tersebut sama dengan arus listrik pln.
beda dengan yang tipe 2 L. semakin banyak L skuder maka semakin tinggi voltase yang di keluarkan bahkan bisa mencapai 1000 vol ac, agan mungkin gak percaya tapi kenyataan yang pernah saya alami sy sudah menghabiskan 3 multi tester / avometer, saat saya cek saya sudah pengaturan avo pada vool ac pada anggka 1000 vol ac tapi masih tetap kebakar alat avometer yang biasa saya buat servis barang2 electronik hehehe. kl agan mau coba agan lilit aja skuder ukuran 0,3 5ons, atau lebih, jika agan ukuran 0,7/ 0,8 agar setara dengan lilitan 0,3 tadi agan bisa menghabiskan 1,2kg.

hery.jangkung mengatakan...

gan,saya udah bikin tipe sekunder dengan kawat primer diameter 1 m, sebanyak 2 ons dan sekunder ukuran 0,8. 3 ons,kondensor 4 biji,tapi hasilnya kurang memuaskan cuma udang yang didapat ikan cuma kaget aja.akhirnya saya penasaran,dan mulai bereksperimen,saya bikin menggunakan trafo ukuran 5 ampr CT.kawat ukuran1,4 m sebanyak 3 ons.saya bikin primer aja.dan saya tes pake lampu 5 watt terangnya bukan main,dan saya shortkan antar stik nyala api juga biru banget.tapi pas saya pake di air dangkal saya coba distrumkan ke kaki saya sendiri itu terasa di kaki paling jaraknya sekitar 1 jengkal.
pertanyaan saya apakah itu normal.? atau cuma besar daya aja sedangkan arusnya kecil,? dan harus bikin seperti apa lagi supaya hasilnya memuaskan,? bahan yang udah tersedia saat ini kawat ukuran 1,4 m 3 ons,4 sap,tipe primer aja

ahmad mengatakan...

Jika agan menggunakan bahan yang sudah tersedia itu dengan tipe yang agan inginkan 1,4 memang masih kurang tepat, dan yang bahan agan gunakan itu biasa saya gunakan untuk 2 L. 1,4-1,5 bading 1mm.
dan untuk tipe 1 L saya biasa gunakan paling rendah 1,7-1,9mm.
Catatan: tangkai juga mempengaruhi kualitas arus terlalu lembek tidak bagus terlalu keras juga kurang baik agan bisa coba2 dl cari yang pas.
Jarak antra koil dan kontak platina juga pengaruh.

Yanto Ds mengatakan...

Rangkaian diatas bisa melumpuhkan ikan dengan Jarak berapa cm dari stik ?

ahmad mengatakan...

kl menurut sy pribadi rangkaian di atas lebih baik dr 2 L, tapi kl buat yang masih awam bayak yang kesulitan memakainya.

begol skom mengatakan...

Gan....mau tanyak nich....!!Saya merakit setrum ikan dengan beri kern sepanjang 13 cm, dgn kwt imel 1.2 dan 0.9 ( lilitan 1.2 sebanyak 3 lapis dan lilitan 0.9 sebanyak 4 lapis) dengan kondesor 12 buah??tapi kenapa apinya gak biru ya Gan??padahal paltina saya gunakan palatina Sinso yang bagus punya??

ozha mozhalia mengatakan...

siang ms ahmad,mau tanya idealnya kawat ukuran berapa untuk aki 12v 10 ah.yang 1,7 atau 1,5,idealnya berapa sap dan pemakaian untuk mencari ikan berapa lama.kedalaman sungai rata rata sedengkul.....ikan paling kuat lele dumbo dan mujaer,trimakasih tolong djawwab ya mas,mumpung dimana mana ada ikan nih.....

awang kurniawan mengatakan...

gan, jarak sertrum dari stik melumpuhkan ikan ,,,,,,,,,, nyampe berapa senti,.

ahmad mengatakan...

kl jarah melumpuhkan nya dari bawah stik biasanya kurang lebih 1 meter gan tapi tergantung senting kualitas arus. selain itu posisi ikan juga berpengaruh gan. misalkan yg deket stik bagian ekor nya lebih mudah yang deket kepala ikan.

tedjo karsono mengatakan...

gan numpang nanyak ni,lebih kuat satu lilitan atäu dua lilitan

ahmad mengatakan...

1 kumparan gan kl masalah kuat amper.

Romadhon Nawawi mengatakan...

mas kalau besi lunaknya di ganti dengan jari jari sepeda yang dipotong rata 11 cm dan di satukan kira kira bisa gaknya mas soalnya aq pernah dengar dari teman bisa bagai mana menurut mas ? dan kalau bisa berapa diameter susunanya y mas ?

ahmad mengatakan...

iy bisa gan, tapi mungkin terjadi panas karna ruji2 tidk bisa terpasang rapat seperti lempengan keren aslinya.

khabir ardiansyah mengatakan...

mau tanya mas, untuk accu-nya lebih boros mana pake 1L sama 2L...? sebelumnya mkasih....

ahmad mengatakan...

Udah berulang kali saya pake keduanya. lebih boros yang 2LL.

agus mardianto mengatakan...

2L gimana gak boros wong ukuran primer &sekundernya sama, maap yaaaa..........

syfa ulhusna mengatakan...

kalo untuk kawat e mail ukuran 1mm kra2 butuuh brapa gram ya mas..?

Yaharudin Friaguslaga mengatakan...

mas mau nanya saya mau buat tipe primer dan skunder itu kalo untuk ukrn kwt email primer nya brpa mm dan brpa lapis serta brapa ons?
dan untk skunder nya brapa mm dan brapa lapis serta brapa ons mas?

M@s Mono mengatakan...

gan kenapa ya setrum rakitan aku kalo alatnya masuk ke dalam air bisa nyentrum badan ? tolong share dong kalo ada yang bisa bikin setrum kedap air alias kalo strumannya masuk di dalam air pun tidak nyentrum badan

ahmad mengatakan...

terasanya pada bagian tangan atau kaki atau punggung gan, kl bagian punggung bisa juga di sebabkan tumpahan air aki, kl lengan mungkin isolator stik kurang bagus, kl pada kaki dan lengan mungkin kebesaran arus hehehe.

Chrismondus Simbolon mengatakan...

mas mau nanya platina itu apa ya? maklum mas lagi ingin belajar....
mohon penjelasannya mas.

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kotak yang sudah di sediakan di bawah ini. terima kasih