Panduan lengkap cara memperbaiki speaker aktif rusak

setrum ikan
Slamat sore gan, mumpung saya lagi santai di rumah saya ingin berbagi cara cara memperbaiki speaker aktif yang rusak mati total, mendengung, mati sebelah, dan suara speaker aktif pecah.
Jika agan ada yang mempunyai speaker aktif yang kerusakannya seperti yang sudah saya jelaskan tadi agan dan ingin membutulkanya silakan baca di sini panduan cara memeperbaiki speaker aktif yang rusak.

Langsung saja gan yang pertama cara memperbaiki speaker aktif mati total.
Langkah pertama agan lakukan pengecekan atau pemeriksaan. pada kabel yang menghubung ke listrik sampai ke bagian sekring yang ada di rangkaian mesin speaker aktif. mungkin ada kabel atau sekring ada yang putus.
stelah agan prikasa masih ke adaan bagus agan cek power on/of nya. bagaian on of ini biasanya kalo sudah lama juga sering rusak dan menyebabkan speaker aktif mati total.

speaker aktif rusak mengerluarkan suara mendengung kencang tanpa mengeluarkan suara musik.
 kerukan sperti ini bisanya terjadi karena ada komponen speaker tidak berfungsi alias drop.
Langkah yang harus agan lakukan jika ingin mempebaiki speaker aktif rusak mendengun keras mau tidak mau harus membuka box speaker agan untuk di priksa hehehe.
Setelah agan buka akan teelihat rangkaian kit speaker aktif kira2 gambar mesinya seperti gambar di bawah ini lihat dulu gan, sebagaian mesin ada yang beda tapi hampir semua cara kerjanya sama.
Stelah agan lihat perhatikan komponen yang ada pada spekaer aktif agan ada komponen yang merekat pada peredam besi arluminium, di situ agan perhatikan ada 4 biji transistor dan serinya biasanya ada yang 41 dan 42, dan ad juga 2955 dan 3055. komponen2 tersebutlah jika sudah tidak berfungsi atau drop menyebabkan mengeluarkan suara mendengung kencang dan tidak mau mengelurkan suara musik.
jika agan tetap ingin bisa memeperbaikinya agan tes atau cek transistor tersebut satu persatu dengan menggunakan mutli tester.
jika agan tidak bisa cara tes atau memastikan mana yang drop dan mana yang tidak coba agan brosing dulu cara tes transistor klik di sini gan untuk  brosing cara cek transistor.
jika agan sudah tahu mana yang masih di gunakan dan sudah drop ganti dengan yang baru transistornya yang sudah drop, catatan jangan salah tempat gan jika masanga transistornya dan jangan lupa lihat komponen alain yang ada di sekitarnya biasanya ada juga yang sampai kebakar.
Jika kerusakan masih di bagian transistor dan belum menjalar ke penguat suara yang lain pasti agan kembali normal stelah di ganti dengan koponen transistor yang baru. jika masih blm normal setelah di ganti itu bertanda masih ada komponen speaker yang masih tidak berfungsi. agan cek 2 aja komponen yang lainya.

Speaker mati sebelah cara memperbaikinya hampirsama dengan speaker mendengung agan cek bagian mesin dimana yang menghubung ke sepeaker yang mati. kerusakan hampirsama gan da di bagian transistornya. tapi sebelumnya agan cek dulu kabel2nya siapa tahu ada yang putus.

Dan yang terakhir cara memeperbaiki speaker aktif suara yang di hasilkan pecah dan terdengan tidak normal.
solusinya agan coba lepas speakernya lihat kabelnya mungkin tdak tersambung dengan baik. langkah terkhir stelaha semua di pastikan masih kondisi baik coba ganti dengan speaker yang lain. hal ini juga bisa di sebabkan spul atau lilitan yang ada di dalam sudah sudah hapir terbakar.
untuk kerusakan speaker aktif yang lainya sperti voleme saat di putar mengeluakan suara gemuruh tidak beraturan agan baca tulisan potisting yang lalulu baca di sini gan cara memeperbaiki atau membetulkan speaker aktif rusak.

11 Responses to "Panduan lengkap cara memperbaiki speaker aktif rusak"

  1. slamat pag gan...mau minta petunjuk saya pny speaker aktif klo dipakai lagu2 mati sebelah....,tapi klo dipakai dgn mic suarane bisa bunyi keduanya..terima kasih....

    BalasHapus
  2. tipsnya mantap, sy punya beberapa speaker aktif dan semuany mendengung klu sumber inputnya mati sprti CD/TV atau lainnya, udh diganti kabel audio video trnyta sm aja hasilny mungkin yg rusak transistornya kali y

    BalasHapus
  3. gan saya mau tanya kerusakan pada speker aktif
    suara basnya pecah klu di kecili bas nya ada keluar sedikit.
    itu kerusakannya apa.. 2 2 spekernya bas nya pecah klu di kuati

    BalasHapus
  4. kemungkinan tr nya ad putus gan tapi gak semua putus cuma sebalah aja sehingga tidak bisa bekerja normal, coba di cek dulu siapa tahu ada kabel yang putus bagian power suplenya jika masih baik semua br cek Transistornya.

    BalasHapus
  5. saya punya speaker aktif jadul SONIC GEAR Model BLUE THUNDER 3,
    udah lama ga dipake soalnya TWEETERnya R & L nya ga ada suara. tapi WOFERnya masih OK.
    mohon pencerahan serta solusinya kalo bisa STEP by STEP ya mas
    soalnya saya awam dengan dunia ELEKTRONIK.

    BalasHapus
  6. saya punya speker simbada CST 5100N ,hanya lampu LED nya saja yg menyala tp gak ada suaranya sama sekali,dulu pernah begini stlh sy belikan kabel penyambung dr speker ke Media playernya speker udh oke lg, tp skrg kabel jek itu msh bagus tp spker gk ada suaranya..mohon pencerahanya terimakasaih....

    BalasHapus
  7. kl tidak terdengar suara sedikit saja dari speaker, mungkin bagina dc power supleya gan. kl masih ada suara mendesis mungkin saja jalur inputnya putus.

    BalasHapus
  8. saya punya speaker dazumba d-remix dz 2000 gan, tapi mati sebelah, klo mutar musik, suara penyanyinya kecil gan, kadang ngga' keluar suara penyanyinya, tolong solusinya gan......
    terima kasih

    BalasHapus
  9. Misi gan, izin share ya...
    Kami menjual Speaker Simbadda

    Simbadda CST 2700N 45W RMS SDCARD USB Remote 2.1 Speaker
    Price Rp 585.000

    SPESIFIKASI
    Manufacturer >>> Simbadda
    Model >>> CST 2700N
    Speaker Configuration >>> 2.1
    Connectivity Input Jack >>> RCA Jack
    Output Power >>> 45W RMS
    Features >>> Master Volume Control
    >>> Bass Level Control
    >>> Treble Level Control
    >>> Remote Control
    >>> Ready MP3 Player via USB or SD Card
    Warranty >>> 1 Year Limited Warranty by Authorized Distributor

    Kunjungi web kami untuk produk lainnya

    Pusat Belanja Komputer

    Terimakasih :)

    BalasHapus
  10. gan ane butuh solusi ane pnya cst6100n simbada ane cek speker mati sebelah pas ane bongkar elco nya jebol trus ane ganti yg baru ok...knp pas di colok salon l n r nya elco nya jebol lg iya....mhn solusi nya

    BalasHapus
  11. misi gan saya minta wejangannya dong heheheh

    Speker box aktif saya powernya kadang aktif kadang mati sendiri saya buka box belakangnya semuanya masih utuh itu biasanya kena diapanya ya gan?
    mohon petunjuk gan, kalo gak keberatan kirim ke e-mail
    denjonimaukapitang@gmail.com

    BalasHapus