skema untuk membuat alat setrum ikan

selamat sore. pada sore hari ini saya ingin membagikan sebuah gambar sekema alat setrum ikan. bagi agan yang ingin merakit setrum ikan semoga skema yang saya bikin dan saya opload di halaman ini dapat membantu agan untuk membuat atau merakit alat setrum ikan sendiri. dan skema yang saya tampilkan di bawah ini adalah skema alat setrum ikan tipe primer saja tanpa memakai lilitan skunder. untuk hasil rakitan tipe primer ini saya anggap cukup memuaskan jika agan benar benar bisa merangkai seperti yang ada di skema.
kelebihan alat strum ikan tipe primer atau satu lilitan ini arus strum nya tidak terlalu turun saat di mainkan di dalam air. beda dengan 2 lilitan yang arusnya besar tapi saat di gunakan di air arus akan turun drastis. sebenarnya kedua model setrum ikan 1 atau 2 lilitan ini ada ke uggulanya masing dan ada kekurangannya masing masing.
lansung saja ke pokok persoallan perharikan skema di bawah ini.
nah agan perhatikan gambar sekema alat setrum ikan yang ada di atas.
  • besi keren menujukkan inti besi yang nantinya menjadi mahnit penarik kotak platina.
  • merah menujukkan komponen kondesor. kondesor ini berfungsi untuk meredam api platina.
  • lilitan primer menujukkan kawat imail yang melilit di inti besi keren. kawat ini berperan untuk mengubah arus dc menjadi ac. sekaligus untuk menimbulkan medan mahnit di inti besi.
  • aki/batre sebagai sumber tenaga arus dc.
pada dasarnya skema alat setrum di atas berkerja untuk mengubah arus dc rendah menjadi ac tegangan tinggi. untuk model ini jika di ukur dengan alat pengukur arus listrik hasilnya tidak bisa di prediksi ika agan bikin alat setrum ikan mode seperti skema di atas pada saat di ukur dengan tester maka hasilnya maksimal  menunjukan arus sekitar 50-60ac. dan hasil penggukuran tersebut tidak sesui arus yang sebenarnya. secara logika arus 50-60v ac itu tidak mungkin membahayakan. tapi kenyataanya jika agan sentuh maka agan merasakan sengatan arus listrik sama seperti arus 220v.
jika agan ingin merakit alat setrum ikan seperti skema di atas agan saya rujuk untuk membuka halaman di sini    cara untuk merakit alat setrum ikan. demikianlah bahasan tentang skema alat setrum ikan yang saya sampaikan. lain kali akan saya coba untuk memberikan informasi yang lebih mendalam mengenai seputar alat tersebut. terimakasih.
/[ 15 komentar Untuk Artikel skema untuk membuat alat setrum ikan]\
Mbah Peyot mengatakan...

Maaf boss.. ini mas ahmad zikha ato bkn? Maaf klo keliru..

mas ahmad mengatakan...

betul bos.ini tempat baru saya.

Mbah Peyot mengatakan...

Sip! Mo lanjutin tutorial by sms tempo hari ya mas?
Pendahuluanx..
Mo ngucapin makasih dulu segede bantal atas bimbinganx tempo hari, soalx mungkin telat 5 menit aja mas zikha gak ngasih pencerahan wktu itu, maka kumparan yg sdh sy buat pasti udah tak lempar ke sungai.. hehe..
Sebenarx, kesalahan sy seblom ini adlh kurang mencermati skema.
Krn banyakx artikel serupa, akhirx sy jd bingung mo ikut "aliran" yg mana..
Saran2 mas zikha sdh sy terapkan Dan sdh beberapa kali sy dpt ikan gabus, mujair, sidat, dll ikan air tawar yg sy tdk tau namax..

Pertanyaanx:
1. Model 2 lilitan yg sy buat dgn kawat 0.9 mm itu klo ditest pake lampu 25Watt 220V, nyalax terang skali, melebihi seharusx.. Tapi ikan2 yg sy dapatkan paling besar seukuran pergelangan tangan..
Apakah memang benar spt itu?

2. Krn rangkaian primer Dan skunder sebelumx sy buat terhubung, maka sy coba rubah merangkaix menjadi model 1 lilitan. Sy test dgn bohlam lampu yg sama, lampux TIDAK MENYALA.
Tapi kalo kedua ujung stik dipertemukan Dan msh terhubung dgn bohlam lampu, percikan api pada stik besar Dan lampu ikut berkedip.
Apakah ini juga sdh benar?

3. Sy sdh siapkan lg bahan untuk bikin kumparan dgn kawat 0.9 yg sy parallel 3, krn kawat yg ada memang cuma ukuran itu.
Target utama sy sebenarx bukan utk nyari ikan Tapi Belut mas, minta saran sebaikx sy pake yg model lilitan yg mana?


Mohon penjelasanx mas.. Maaf klo kebanyakan, mksd sy biar jelas gtu mas.. Makasih..

Mbah Peyot mengatakan...

Maaf mas, mksd pertanyaan sy yg point 1 itu, apakah dgn ukuran kawat 0.9 mm dgn 3 lapis lilitan primer dan 9 lapis sekunder.. apakah memang sdh maksimal hasilx begitu?
Krn sy baca2 dari cerita rekan2 yg lain, bisa dpt ikan seukuran betis..

mas ahmad mengatakan...

seperti yang agan bikin menurut sy udah benar jika skuder di perbanyak lagi arusnya juga makin meningkat aki juga makin boros. kl blm pernah dapat ikan yang besar agan belum beruntung aja.

Didik Kurnia mengatakan...

lam kenal agan zikha. .. .. . .
Mf ni sblmnya,mhon bimbingany, soal'e pemula banget ni soal ginian. . . ...he he
* Apkh bisa pke kawat imael bekas trafo/deimer, ukrany 1mm .. . . ..
*brpa sab llitanya dengan imael 1mm, Q mau bikin ya kyak skema d ats . . . . .
thanks gan, dan tolong banget penjelasanya . .. . .

mas ahmad mengatakan...

lam knl jg. coba agan kawtnya di timbang aj kurang lebih gunakan 2ons lalu di lilitsemua.

Didik Kurnia mengatakan...

thank,s gan, akan saya coba.
Artikel agan sangat membantu, oya jngan lelah tuk berbagi, n good luck slu .. .. . He he

Nenk Enny Yuniarti mengatakan...

mas zikha saya anjas dari pati.... saya mau tnya .. strum ikan yg jos buat belut dan ikan itu yg gimana.. target utama belut.. saya pakai email 1,2mm di pati paling besar segitu.. panjang keren 13 cm tak ambil 12cm..
1. trus yang bagus pakai 2 aki apa 1 aki..
2. model primer saja apa primer skunder..
3. kalau primer skunder di beri brpa sap jika menggunakan 2 aki
dan 1 aki..
4. kalau primer saja di beri brpa sap jika menggunakan 2 aki
dan 1 aki..
nb: aki tetap irit
tolong jwab ya mas.. saya pecinta strum ikan..
yg penting coilnya benar dulu mas.. kalau soal platina bisa di otak atik.. dan kalau bisa hasilnya semoga memuaskan ,. biar seimbang dengan berat strum ikan yg di bawa saat nyetrum... makasih mas.. salam anjas dari pati desa...

Yani Nora mengatakan...

mu tanya mas bro,kalo pakek kawat ukuran 1,5mmpake batreisatu12v harusnya berapa ons panjang berapa dan membutuhkan berapa kondensor,mohon bantuannya matur suwun.

andi rustandi mengatakan...

ass, kang, ANDI dari karawang. cara ngitung lilit per voltnya gimana biar seimbang dengan aki 12 volt? thanks kang

andi rustandi mengatakan...

satulagi gan, lo tau share dong trik strum belut!

ahmad mengatakan...

jika make rumus vol ngukur lebar peresegi batang keren gan, malah bikin ribet, kl sy udah terbiasa pake rumus kira 2 aja gan hehehe, misalkan pake ukuran 1,9mm tipe primer sy kasih 7ons. makin kecil ukuran itu artinya makin dikit karna makin kecil ukuran lebih panjang, misalkan 1,9mm 2ons panjang 5meter, 1,5mm 1 ons panjangnya udah hampir sama, jadi makin kecil ukuran makin hemat hehehe.

genteng pejaten mengatakan...

bagaimana caranya buat setrumikan ringan tapi ampere dan voltage besar?

ahmad mengatakan...

kawat di perkecil dan di perbanyak lilitan gan hehehe.

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kotak yang sudah di sediakan di bawah ini. terima kasih