Cara memperbaiki dinamo pompa air tidak mau berputar / rusak

selamat sore gan waktu setempat, Di kesempatan waktu luang saya ingin sedikit berbagai cara memperbaiki pompa air tidak mau berputar, Cara nya tidak jauh beda dengan cara memperbaiki kipas angin yang kemaren saya informasikan.
Jika sobat punya mesin dinamo pompa air yang kebetulan saat ini bermasalah tidak mau berputar agan bisa mengikuti petunjuk cara memperbaiki pompa yang akan saya jelaskan di sini. http://strumikan.blogspot.com/2014/12/panduan-servis-cara-memperbaiki-kipas.html

Baiklah langsung saja pokok inti informasi perbaikan pompa air.
Pertama tama periksa terlebih dulu apakah arus listrik sudah benar2 masuk ke mesin di namo pompa, siapa tahu ada yang putus kabel nya sehingga motoran pompa tidak bisa berputar, Untuk pemeriksaan nya agan buka saja penutup yang umum nya ada tepat di atas dinamo tes pake tespen.

Jika kabel tidak ada masalah langkah berikutnya agan perhatikan apakah ada suara mendenging dari motoran jika ada, coba putar baling2 pompa dengan tangan, berat atau ringan, Jika berat kemungkinan laker nya sudah banyak kotoran atau berkarat sehingga mempengruhi putaran pompa tidak lancar atau serat.
Yang kedua jika saat di putar dengan tangan terasa ringan kemungkinan kapasitor nya sudah tidak lagi berfungsi, solusinya di ganti dengan yang baru, beberapa jenis pompa air kapa sitor nya beda2 ada yang bentuk nya kotak hitam sama persis yang ada di motorran kipas angin lihat di sini contoh nya cara servis kipas angin. dan ada juga yang bentuk nya seperti batu ABC. tapi warna putih. suku cadang komponen ini banyak di jual di toko2 elektronik.

Putaran motoran di namo baik tapi tidak mau keluar airnya, penyebabnya ada beberapa kemungkinan.
Yang pertama silahkan di cek bagian pengambilan air apakah ada yang bocor, catatan: sedikit ada kebocoran bisa menyebabkan.
keluar air tdak bisa kencang, bahkan tidak bisa keluar air sama sekali.
Kemungkinan yang kedua adalah sil atau keleb as bocor, cara pengantian caranya dengan membuka bagian kincir air. tempat nya sil atau kelep pmpa ada di bagian belangkang kincir air, jika mau di cek harus mengeluarkan dulu kincir air.
Apa bila jalur pengisap sudah baik, sil atau kelep sudah bagus tapi masih tidak bisa keleuar air meskipun bisa sangat pelan sekali, masalah nya juga bisa di as atau besi tepat bagian kelep ada yang terkikis, biasanya kerusakan ini meskipun sil atau kelep nya di ganti masih juga bocor.
Cukup sekian semoga dapat membantu.
Previous
Next Post »
0 Komentar