CARA MEMPERBAIKI CHARGER ATAU SETRUM AKI/ACCU RUSAK

Selamat malam pada malam hari ini saya ingin mengajarkan bagai mana memperbaiki alat charger accu atau alat pengisian aki. mungkin saja ada teman atau tetangga yang mempunyai charger atau alat pengisi setrum aki ada yang rusak dengan membaca sebuah teori perbaikan charger rusak yang ada disini agan bisa membetulkannya sendiri dan agan tidak perlu membawa ketukang servis.

tidak perlu lama lama lasung saja agan kenali modus modus kerusakan yang biasa terjadi pada alat charger accu atau alat pengisian aki.
 Biasanya kerusakan alat tersebut terjadi di sebabkan karena suhu panas yang berlebihan. suhu panas ini di sebabkan bisa dari ke tidak se imbangan antara arus yang masuk ke aki /accu tidak sesuai atau berlebihan. dan sebagian mereka tidak sambar menunggu lama untuk mengisi accu supaya accu/aki cepat penuh dengan cara menaikan arus output dari charger. akibat ketidak seimbangan arus yang di masukan ke aki tidak sesuai tau berlebihan maka membuat komponen seper dioda atau travo menjadi panas berlebihan. hal seperti ini bisa membuat dioda rusak atau travo juga bisa terbakar dan komponen lain seperti pengaman sekring juga bisa putus.

CARA MEMPERBAI CARGER RUSAK.
 pertama agan lihat kondi travo charger jika tecium bau sangit atau menyengat dan saat input listrik di colokkan ke sumber listrik menjadi anjlok biasanya travo sudah rusak dan perlu di ganti kerusakan seperti ini sudah termasuk parah atau berat solusinya jika travo di atas 5A ke atas lebih baik di lilit ulang menggunakan kawat yang baru untuk melilit travo lain kali akan saya bahas jika saya tulis di sini semua semalam tidak selesai he3x.
lanjut ke TKP jika kondisi travo masih oke atau bagus agan cek dioda dan biasa charger yang berkekuatan besar menggunakan dioda bentuk persegi atau sering di sebut kiprok tapi bukan kiprok motor bebek. diaoda ini cirir2 rusak jalur positif dan negatif yang biasa menghubung untuk mengisi akai tidak mengeluarkan arus sama sekali solusinya ganti yang baru gan tapi perlu di ingat kalo sudah ganti yang baru posisi kaki dioda saat memasang harus benar jika perlu agan kasih tanda sewaktu melepas.

Kerusakan charger atau alat pengisian acc/aki yang lainya bisa terjadi karena ada kabel kabel yang lepas atau kotor bisa juga chenel yang biasa untu menaikan arus. kerusakan seperti itu biasanya arus kadang muncul terkadang tidak muncul sama sekali agan cek cek aja di lihatin siapa tau ada yang lepas solderanya atau platrinya.
yang terakhir adalah sekring pengaman kerusakan sekring dan tombol on of chaeger . biasa kerusan yang di tibulkan dari sekring pengaman dan tombol on of jika charger ada lampu lednya tidak nyala sama sekali.
demikianlah teori yang saya infokan semoga dapat membantu. jika agan punya minat ingin bikin caharger sendiri silahkan klik disini. terima kasih.
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Lampu let menyala tapi warna kuning tidak mau berubah ke merah sewaktu mengecam pertama tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin ic otomatis nya kurang berfungi gan, coba di lihat pcb kit nya, siapa tahu ada platri nya yg lepas dari kaki komponen.

      Hapus
  2. kalo yg keluar (+) semua gimana gan tidak (-)(+)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hasrus nya kutub negatif dan potif ada, jika salah satu nya gak keluar cek kabel nya gan sampai ke dioda nya ada yang putus atau gak nyambung.

      Hapus
  3. gan saya punya carger accu rusak karena terbalik pemasangan terminal {+} sama {-} nya,, diodanya sudah saya ganti tp tetap arus DC output nya gak ada.
    kira" apa nya gan,, tolomg pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. agan cek dulu ac nya keluar arus gak, Jika tidak keluar masalah nya ada di trafo step'up nya, Jika arus ac nya keluar kemungkinan masalah nya ada di kabel dan pada dioda masih ada masalah, coba di priksa lagi.

      Hapus
  4. Tolong sulusinya guru. Cas accu saya lampu indikatornya cuma hijau yg nyala padahal buat cas avcu uda penuh. Otomatisnya pakai relay 12v dc dan trimput 102. Mohon pencerahanya guru

    BalasHapus
  5. Saya punya charger aki son-20A 12v/24v pas di colok ke listrik di on malah padam listriknya mohon solusinya suhu trimakasih

    BalasHapus