cara merakit komponen elektrik - alat setrum ikan

untuk membuat alat setrum ikan ada harus wajib bisa merakit sendri. karena alat ini tidak ada di jual di toko. kecuali agan menggunakan mesin jenset atau inferter yang berukuran what besar. baru anda bisa beli di toko. jika agan ingin membuat asli khusu untuk membuat alat setrum ikan anda harus bisa merakit sendri. kenapa saya bilang di atas bahwa alat ini asli khusu untuk ikan. karena boleh di bilang alat ini lebih mudah di bawa dan tentunya lebih awet dan hemat. di banding dengan alat inferter atau jenset. inferter jika arusnya di masukan ke dalam air inferter ini tentu akan cepat rusak apalagi jika terkena air. jenset juga untuk bisa beroprasi membuthkan bahan bakar jika sehari menghabiskan 3-4liter bahan bakar berapa duit yang di keluarkan hitung saja sendri kl / liter 5000rb.
beda dengan alat asli khusu setrum ikan terendam air tidak akan jadi masalah. hemat cukup dengan pengisian aki mungkin cuma butuh 2-3rb.

kembali ke pokok bahasan cara merakit setrum ikan.
pada waktu yang lalu telah saya ulaskan cara membuat setrum ikan tipe primer dan skuder jika anda minat dengan tipe alat setum ikan primer dan skuder cara membuatnya dapat anda buka disini.
dan jika minat dengan rakitan strum ikan tipe primer atau biasa di sebut 1 lilitan dapat anda ikuti langkah langkah di bawah ini.

bahan yang perlu di siapkan untuk merakit atau membuat setum ikan.

  1. kawat imael kuarang lebih 3,5ons ukuran kawat 1,5mm
  2. keren atau inti besi lunak kurang lebih 31 biji ukran di sekitar 11cm.
  3. kondesor ukuran terserah yang penting masih berfungsi baik. dan yang sering saya pake 0,25uf.
  4. 2 buah platina. bisa punya mobil juga bisa punya motor. catatan palita ada yang kualitas buruk sangat pengaruh di kualitas setrum ikan.
  5. baut secrup secukupnya.
  6. isolasi secukupnya.
  7. papan kayu untuk merangkai alat setrum atau untuk menyatukan komponen.
  8. tangkai tipis.
  9. penyangga tangkai.
untuk merakit alat setrum ikan tipe singgel lilitan sama seperti alat setrum ikan yang lain. ya itu harus di lilit di batang besi keren. caranya sebagi berikut.

  • susun lempengan keren sebayak kurang lebih 30 biji sehinga membentuk persegi. sebagai contoh besi keren itu seperti apa bisa anda lihat gambarnya di bawah ini.



jika sudah tersusun seperti gambar di atas selajutnya melai tahap melilit akawat imail yang sudah agan siapkan di inti besi keren yang sudah tersusun rapi rapat. cara melilitnya perlu agan ingaty dari kiri memutar ke kanan. jika masih belum paham agan lihat aja detik jarum jam. itu arahnya nya berjalan kekanan.
contoh lilitanya seperti gambar di bawah ini gan.
jika sudah selesai melilit kira ada 4lapis sudah cukup karena ukuran kawat yang saya terangkan di sini berukuran 1,5mm dan panjang keren 11cm. dan yang terlilit sekitar 10cm lebih dikit. jika berlibihan lilitan hasilnya kurang memuaskan. karena tidak seimbang dengan acu 12v. jika agan menggukan 2 aki/acuu. maka lilitan harus di tambah. untuk membuat setrum ikan 2 aki/batre 24v akan saya bahas lain kali. sekarang kita lanjut ke pokok pembahansan.
setelah selesai melilit maka tahab berikutnya mulain menyatukan kompunen yang masih terpisah seperti platina kondesor dan koil yang sudah agan lilit tadi. untuk menyatukan atau merakit agan perlu memperhatikan skema alat setrum ikan yang ada pada gambar di bawah ini.
sekema di atas dapat di jadikan pedoman untuk merakit sebuah alat setrum ikan tipe lilitan primer atau singgel lilitan. untuk hasil yang maksimal anda di wajibkan untuk sdikit berfikir sendri jika sudah menjadi rakitan setrum ikan coba anda otak atik di bagian platina untuk menghasilkan arus yang baik untuk itu anda harus coba mencoba sendiri. selamat mencoba semoga berhasil.
Previous
Next Post »

67 komentar

  1. selamat malam gan, maaf mau tanya. saya sudah merakit setrum seperti skema di atas, tapi hasilnya kurang memuaskan. setrum berfungsi, ikan gabus dan sepat juga sudah kena, tapi kelemahan setrum saya adalah: jarak platina dengan besi keren harus dekat (hanya 1mm), jarak kedua stik juga harus dekat (hanya 30-40cm kalo kejauhan ikanya cuma kaget dan lari), saya sampe pusing utak-atik platina hasilnya juga tetap sama. saya mohon di koreksi dan di bimbing gan, apa saja yg salah, yg kurang, dan yg perlu di benahi. untuk bahan2nya sbb: kawat ukuran 1,2 sebanyak 3,5ons. di sini tidak ada yg ukuran 1,5. keren gak ada yg jual, saya pake gergaji besi yg lebar 2cm dan tebal/tinggi cuma 8,5mm (mau beli banyak gak da duit, di sini harganya mahal). panjang keren 11cm, panjang gulungan 10cm 5sap. kondensor 10biji, platina 2biji (yg 1buat swit relay, yg 1buat saklar). stik dua macam, yg 1kuningan jerman, yg 1stainless (mau beli 1macem kbetulan tokonya kehabisan). total dana sudah habis 400ribu, itu belum termasuk aki. tolong bner ya gan, gimana caranya supaya setrum saya itu bisa jadi bagus. tadinya saya kpikiran mau pesan saja ke agan, tapi saya prkirakan gak cukup 600ribu. soalnya t4 saya blum ada jasa kurir ato pos. jadi kalo mau ambil paket harus naek mobil dulu 1hari dan ongkosnya PP gak cukup 300. oya gan, saya ada kawat ukuran 0,6tapi cuma 1ons. bagusnya buat apa ya? maaf kalo prtanyaanya kepanjangan, dan sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya yang menyebabkan yang agan alami itu,
      1. kawat berukuran kecil.
      2. arus aki yg masuk kurang besar.

      solusi.
      jika agan tidak maurepot mengurangi lilitan agan bisa menggunakan dobel aki/batre.

      solusi 2.
      kurangi lilitan pertama satu lapis/sap di kurangi, jika hasil nya sudah ada perubahan agan bisa mengurangi lagi 1 lapis lagi agar lebih maksimal sesuai aki yg di pakai.

      Hapus
  2. gan,saya mau tanya,kalau menggulung kawat email untuk bikin gulungan primer biar tak berantakan di ujungnya untuk beralih kebarisan ke 2 gimana ya.....

    BalasHapus
  3. tidak di kasih apa2 gan, intinya pada gulungan yang paling bawah kencang dan yang di atasnya pasti bisa tersusun rapi gitu aja.

    BalasHapus
  4. gan mau tnya sya pkai kawat 1 mm, klu bwt nyetrum ikan wader kok gk bisa mati za..?? harus nempel dg kawat N lama bru bisa mati,kondensor mobil cari 0,25 4 biji, aki 10 ah. ketika saya tambah kondensor motor 0,27 8 buah jaadi total 12 buah bunyi di platina keras N nyala biru, tapi aki drop cuma sbntr gmna za.. trim.

    BalasHapus
  5. saran saya di teliti dulu gan apakah kawat imm nya udah sesuai dengan dc 12v. aki 10A itu sangat berpengaruh gan. dan merangkainya apakah sudah benar sesuai dengan skema alat setrum. seperti yang agan keluhkan itu kayaknya ada masalah, tambah kondesor harusnya lebih meredam api jdi gak terlalu panas.

    BalasHapus
  6. ,,saya punya kawat lilitan brukuran 1,7mm dan aki 10A
    dan saya pengen buat dgn rangkaian jenis primer saja gan

    untuk membuat itu ,
    gimana ya agr bisa jadi setrom yg bagus..

    perbandingan jumlah lilitan nya ,

    sama kondensornya,???


    dan apakah memang benar setrom dengan rangkaian hanya menggunakan primer saja ini termasuk ampuh, bisa di gunakan di air dalam??

    dan dari mana timbulnya tegangan yang tiggi??
    padahal kan cuman menggunakan lilitan primer saja??

    heheheee maaf gan banyak tanya

    krna saya org awam,tetapi juga pngen banyak tau :D

    BalasHapus
  7. kl agan masih awam lebih baik bikin yg dobel llitan karena yg satu kumparan agak membutuhkan ke ahlian, kl sy jelaskan semua yang maksud bisa melebar gk slesai2.

    BalasHapus
  8. brapa harga /unit nya gan..?? yg 1 kimparan..kira" ikan bobot brapa yg bsa d naikan.. dngan sistem 1 kumparan.. dan ikan berat brapa dngan pke yg dobel lilitan.. mohon info gan .. k emai sya maulanairwan88@gmail.com trimaksih sblm nya gan..

    BalasHapus
  9. agan mau nanya nih....bisa ga setrum ikan ini di pake untuk setrum udang lobster atau sejenis nya at[au udang y[ang ada di dalam lobang tanah yang berair.....???

    BalasHapus
  10. mau tanya gan, kawat email 1.7mm,bagusnya berapa sap ya gan? kern ukuran 2cm x 2cm panjang kern 11cm.terima kasih atas bantuannya.

    BalasHapus
  11. Kawat harus terdiri 2 ukuran , primer dan sekunder
    input juga bisa di sesuaikan utk ukuran 12V - 24 vol DC
    output juga bisa di atur sesuai ke inginan 150V AC - 300V AC
    udah lama gak gulung spuul ikan sekarang malah gulung spul pompa air

    BalasHapus
  12. brother mau tanya. output yang akan dikeluarkan oleh rangkaian dan spesifikasi sesuai component dan rangkaian agan tersebut berapa yang seharusnya harus keluar. maksud saya dengan rangkaian agan tersebut mimimum dan maksimum tegangan pada output berapa ya? agar saya saat buat besok, bisa saya check langsung tanpa harus mencoba di sungai...hehehehehehehehhe...

    BalasHapus
  13. oke gan waktunya saya replay pertanyaan, rangkain yang agan maksud di sini adalah sebuah rangkaian model / tipe primer. jika agan bikin seperti skema di atas voltase ac autput jika di cek pake avometer manual bukan yang digital, cuma 60-70 ac tapi itu bukan hasil yang sebenarnya, kemungkinan autpu ac mencapai 220v, kenapa saya bilang begitu sengatan yang di hasilkan dari alat setrum tersebut sama dengan arus listrik pln.
    beda dengan yang tipe 2 L. semakin banyak L skuder maka semakin tinggi voltase yang di keluarkan bahkan bisa mencapai 1000 vol ac, agan mungkin gak percaya tapi kenyataan yang pernah saya alami sy sudah menghabiskan 3 multi tester / avometer, saat saya cek saya sudah pengaturan avo pada vool ac pada anggka 1000 vol ac tapi masih tetap kebakar alat avometer yang biasa saya buat servis barang2 electronik hehehe. kl agan mau coba agan lilit aja skuder ukuran 0,3 5ons, atau lebih, jika agan ukuran 0,7/ 0,8 agar setara dengan lilitan 0,3 tadi agan bisa menghabiskan 1,2kg.

    BalasHapus
  14. gan,saya udah bikin tipe sekunder dengan kawat primer diameter 1 m, sebanyak 2 ons dan sekunder ukuran 0,8. 3 ons,kondensor 4 biji,tapi hasilnya kurang memuaskan cuma udang yang didapat ikan cuma kaget aja.akhirnya saya penasaran,dan mulai bereksperimen,saya bikin menggunakan trafo ukuran 5 ampr CT.kawat ukuran1,4 m sebanyak 3 ons.saya bikin primer aja.dan saya tes pake lampu 5 watt terangnya bukan main,dan saya shortkan antar stik nyala api juga biru banget.tapi pas saya pake di air dangkal saya coba distrumkan ke kaki saya sendiri itu terasa di kaki paling jaraknya sekitar 1 jengkal.
    pertanyaan saya apakah itu normal.? atau cuma besar daya aja sedangkan arusnya kecil,? dan harus bikin seperti apa lagi supaya hasilnya memuaskan,? bahan yang udah tersedia saat ini kawat ukuran 1,4 m 3 ons,4 sap,tipe primer aja

    BalasHapus
  15. Jika agan menggunakan bahan yang sudah tersedia itu dengan tipe yang agan inginkan 1,4 memang masih kurang tepat, dan yang bahan agan gunakan itu biasa saya gunakan untuk 2 L. 1,4-1,5 bading 1mm.
    dan untuk tipe 1 L saya biasa gunakan paling rendah 1,7-1,9mm.
    Catatan: tangkai juga mempengaruhi kualitas arus terlalu lembek tidak bagus terlalu keras juga kurang baik agan bisa coba2 dl cari yang pas.
    Jarak antra koil dan kontak platina juga pengaruh.

    BalasHapus
  16. Rangkaian diatas bisa melumpuhkan ikan dengan Jarak berapa cm dari stik ?

    BalasHapus
  17. kl menurut sy pribadi rangkaian di atas lebih baik dr 2 L, tapi kl buat yang masih awam bayak yang kesulitan memakainya.

    BalasHapus
  18. Gan....mau tanyak nich....!!Saya merakit setrum ikan dengan beri kern sepanjang 13 cm, dgn kwt imel 1.2 dan 0.9 ( lilitan 1.2 sebanyak 3 lapis dan lilitan 0.9 sebanyak 4 lapis) dengan kondesor 12 buah??tapi kenapa apinya gak biru ya Gan??padahal paltina saya gunakan palatina Sinso yang bagus punya??

    BalasHapus
  19. siang ms ahmad,mau tanya idealnya kawat ukuran berapa untuk aki 12v 10 ah.yang 1,7 atau 1,5,idealnya berapa sap dan pemakaian untuk mencari ikan berapa lama.kedalaman sungai rata rata sedengkul.....ikan paling kuat lele dumbo dan mujaer,trimakasih tolong djawwab ya mas,mumpung dimana mana ada ikan nih.....

    BalasHapus
  20. gan, jarak sertrum dari stik melumpuhkan ikan ,,,,,,,,,, nyampe berapa senti,.

    BalasHapus
  21. kl jarah melumpuhkan nya dari bawah stik biasanya kurang lebih 1 meter gan tapi tergantung senting kualitas arus. selain itu posisi ikan juga berpengaruh gan. misalkan yg deket stik bagian ekor nya lebih mudah yang deket kepala ikan.

    BalasHapus
  22. gan numpang nanyak ni,lebih kuat satu lilitan atäu dua lilitan

    BalasHapus
  23. 1 kumparan gan kl masalah kuat amper.

    BalasHapus
  24. mas kalau besi lunaknya di ganti dengan jari jari sepeda yang dipotong rata 11 cm dan di satukan kira kira bisa gaknya mas soalnya aq pernah dengar dari teman bisa bagai mana menurut mas ? dan kalau bisa berapa diameter susunanya y mas ?

    BalasHapus
  25. iy bisa gan, tapi mungkin terjadi panas karna ruji2 tidk bisa terpasang rapat seperti lempengan keren aslinya.

    BalasHapus
  26. mau tanya mas, untuk accu-nya lebih boros mana pake 1L sama 2L...? sebelumnya mkasih....

    BalasHapus
  27. Udah berulang kali saya pake keduanya. lebih boros yang 2LL.

    BalasHapus
  28. 2L gimana gak boros wong ukuran primer &sekundernya sama, maap yaaaa..........

    BalasHapus
  29. kalo untuk kawat e mail ukuran 1mm kra2 butuuh brapa gram ya mas..?

    BalasHapus
  30. mas mau nanya saya mau buat tipe primer dan skunder itu kalo untuk ukrn kwt email primer nya brpa mm dan brpa lapis serta brapa ons?
    dan untk skunder nya brapa mm dan brapa lapis serta brapa ons mas?

    BalasHapus
  31. gan kenapa ya setrum rakitan aku kalo alatnya masuk ke dalam air bisa nyentrum badan ? tolong share dong kalo ada yang bisa bikin setrum kedap air alias kalo strumannya masuk di dalam air pun tidak nyentrum badan

    BalasHapus
  32. terasanya pada bagian tangan atau kaki atau punggung gan, kl bagian punggung bisa juga di sebabkan tumpahan air aki, kl lengan mungkin isolator stik kurang bagus, kl pada kaki dan lengan mungkin kebesaran arus hehehe.

    BalasHapus
  33. mas mau nanya platina itu apa ya? maklum mas lagi ingin belajar....
    mohon penjelasannya mas.

    BalasHapus
  34. Mau tanya, kalau keren jadi magnet dan panas sebabnya apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika panas nya terlalu berlebihan ada beberapa kemungkinan gan, kurang li"tan, setingan tangkai terlalu kencang, yang parah ada hubungan singkat atau konslet di dalam gulungan kawat.

      Hapus
  35. Numpang tanya gan, sy sudah gulung sepul gan yg primer 4 lapis kawat ukuran 1,5mm,sekunder 6 lapis kawat ukuran 0,9mm, pake accu 12v 10 A, tp hasil yg keluar arus cuma 100v gan, mohon di jelaskan apanya yg kurang bener, sy pake kondensor ukuran 0,25 sebanyank 10biji

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenar itu sudah betul gan, tinggal atur platina nya dan udah bisa buat nyetrum ikan, Kl mau lebih besar lg arus nya lilitan 0,9 di tambah lagi, gulungan jadi tambah besar hehehe, kl gak mau tambah besar itu spul gulungan nya ganti 0.9 tadi ama 0,5mm 6 lapis mungkin udah dekat 200v, Tp Daya amper nya tapi lebih kecil, Lebih besar yang 0,9mm.
      Silahkan tanya-tanya lagi kl ada waktu saya replay

      Hapus
  36. Gan mau nanya nih ko struman ane kenapa apinya kecil ya ?
    Sya juga dh coba seting br x x platina'a tp ttp aj y apinya kecil
    Kira2 solusi'a gmna y gan mohon pencerahannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl terlalu besar nanti terlalu panas, juga gak bagus, bisa bikin lepas mata pltina nya, Di coba buat nyetrum dulu hasil nya bagai mana, kl gak ada yang terkapar dan rankaian udah benar semua, Umun nya masalah nya kebayakan lilitan, coba di tambahkan batree/aki 1 lg, jika tidak ada aki buat nambah tenaga vol dc, Lilitan nya di kurangi, Biar sesuai.

      Hapus
  37. Mw tanya mas saya punya bahan kawat 2m 1 kg keren pnjang 17cm. Lebar 3cm kurang dikit.. Kira2 berapa cm yg di lilit untuk 2aki soalnya di sini lg byk ikan lele jumbo mas sy tunggu blsanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1kg di gulung semua gan, panjang nya terserah agan, yang penting memudahkan agan gulung.
      Tips nya, ikan lele dombo memang agak sulit, usahan lo nyetrum tepat di atas kepala nya, jang dekat ekor nanti kabur hehehe.

      Hapus
  38. gan ane udah buat setrom pake kawat emai.ukuran 1.9 4sap tipi ikan ko cuman lari ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya biasa 5 tumpuk gan untuk ukuran yang agan pakai itu, habis nya kurang lebih 8ons, pake keren 10A era.

      Hapus
  39. Numpang gan. Sy udah siapin karan bekas trfo 10A kwat imail 1m 4ons sama 05 5ons. Pertnya anya. Brap lilitan dlm 1 sapnya untuk semua gulunganya. Makasih. Itu aja dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. primer nya kasih 2 sab aja, sisanya 1m dan 0,5 buat skuder semua.
      ini untuk 1 aki, jika dua kasih 3 lapis.

      Hapus
  40. Mas klu kren pjng 11,5cm kawat ukuran 2m 1kg brp cm yg di lilit dan brp sap mas untuk 2aki 1 akinya 5ah?
    Di kren saya ksh pembatas rencana mw saya gulung 10cm an apa 1 kg itu di gulung smua untuk 2 aki? Mksh atas jwaban DRI mas

    BalasHapus
  41. Numpang tanya gan kalo buat setrum ikan tipe primer aja kalo pake kawat 1mm butuh berapa ons dan berapa lapis lilitan untuk 1 aki 10A sebelum nya trimakasih atas jawaban nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1,5ons udah cukup gan, Tapi mungkin agak panas di spul nya, itu karena ukuran kwt nya cukup kecil, Hasil nya juga kurang bagus, di karenakan amper arus nya juga kecil.

      Hapus
  42. Maaf numpang tanya lagi gan pengganti besi kren/besi lunak apa ya gan? soal nya besi kren bekas trafo susah di cari tempat saya gan

    BalasHapus
  43. Kalo punya saya .. 1 lapis . Ukuran kawat 1 m .. Itu gimana . Udah ter lajur di gulung .ni gi mna menurut kalian

    BalasHapus
  44. Gan, sy rncana baru mau buat setrum ikan, yg bisa stabil kalo pake 1/2 aki motor. Saran untuk kawat email nya yg ideal ukuran brapa mm y gan? Untuk primer dan sekunder ny. Sama jumlah nya brapa ons?.. Untuk kondensor nya sy udh beli 6, kondensor vespa, tpi gg tau ukaran uf ny...hehe. Mksh gan

    BalasHapus
  45. gan saya mau tanya kalo bikin strum ikan tipe sp dengan ukuran kawat 1,5 itu bagusnya berapa sap primer dan brap sap skunder>? karna saya udah bikin tipe primer 2mm dan tp sp p1,5 s 0,9... yang hasilnya sangat memuaskan namun saya masih penasaran dengan kawat ukuran sama.. yang saya mau tanyakan perbandingannya brapa mas...?

    BalasHapus
  46. Om beri masukn dong, tipe sp baikny pke kwat ukuran brp ya dan beratny brp serta brp lpis,,

    BalasHapus
  47. Maaf mas mau nanya kalau kita menggunakan ukuran kawat email 0.70 untuk lapisan bawah 8 ons 0.90 8 ons menggunakan acu 1 apakah bisa maksimal hasilnya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lilitan Yang Bawah Atau Primernya Usahakan Yang Besar. kl mau menggunakan 0.7 untuk primer paling 2 on sudah cukup buat 1 aki , kalau kebanyakan malah gak maksimal.

      Hapus
  48. Gan mohon maaf numpang tanyak saya pengen bikin alat setrum ikan nila yg dua acu.untuk keremx saya pakai ukran pnjng 11cm tebal 2cm tapi yg lilitanx primer dan sekunder untuk kedalaman 1 meter kira kira untuk kwat imai x ukuran berapa.untuk primer dan sekunderx.terus harus berapa lapis/sap masing" lilitanx.dan untuk condensor x saya perlu berapa dan ukuran condensor x yg seperti ap. Mohon maaf klaw pertanyakaan saya panjang dan pegen tau yg detail .

    BalasHapus
  49. Mas, sy beli ol alat setrum ikan, yang saya minta type ps tapi yang datang ty p saja. Yang jadi masalah sadalah outut voltage, kl 1 aki cuma 50 volt, kl 2 aki cuma 100 volt. Diameter kawatnya 2 mm. Rencana saya mau ditambahkan gulungan primer, pertanyaan saya : berapa diameter kawat tembaga yang ideal untuk lilitan sekundernya? mohon bntuannya mas!

    BalasHapus
  50. Mas, sy beli ol alat setrum ikan, yang saya minta type ps tapi yang datang type p saja. Yang jadi masalah sadalah outut voltage, kl 1 aki cuma 50 volt, kl 2 aki cuma 100 volt. Diameter kawatnya 2 mm. Rencana saya mau ditambahkan gulungan primer, pertanyaan saya : berapa diameter kawat tembaga yang ideal untuk lilitan sekundernya? mohon bntuannya mas!

    BalasHapus
  51. Maaf bang tumpang nanya.... kalo L primer di kasih kawat 2mm sebanyak 3 sap... dan L sekunder nya di kasih 0.5 sebanyak 7 sap cukup ga buat 1 acu 12vt... mohon infonya bang

    BalasHapus
  52. Maaf bang numpang nanya... kalo L primer pakai kawat 2mm sebanyak 3 sap.. L skunder pakai 0.5 7 sap. Cukup ga buat 1 acu 12v 10 a

    BalasHapus
  53. Maaf bang numpang nanya... kalo L primer pakai kawat 2mm sebanyak 3 sap.. L skunder pakai 0.5 7 sap. Cukup ga buat 1 acu 12v 10 a

    BalasHapus
  54. Maaf bang numpang nanya... kalo L primer pakai kawat 2mm sebanyak 3 sap.. L skunder pakai 0.5 7 sap. Cukup ga buat 1 acu 12v 10 a

    BalasHapus
  55. Boss qu maap mau tanya saya udh bikin tipe perimer doang pake kwt 2mm.5.sap.tpi hasilnya kurang.klo amper emang besar tpi klo kna ikan gamampu.mohon penjelasan nya mksh sebelum nya.

    BalasHapus