cara membuat alat setrum penangkap ikan elektrik

cara membuat setrum ikan elektrik yang perlu anda perhatikan adalah tahab melilit dan merangkai atau menyatukan komponen2 alat setrum ikan. dan bahan bahan yang perlu di persiapkan untuk membuat alat setrum penangkap ikan sebagai berikut.
  1. kawat imael kuarang lebih 7-9ons.
  2. keren atau inti besi lunak kurang lebih 31 biji ukran di sekitar 11cm.
  3. kondesor ukuran terserah yang penting masih berfungsi baik. dan yang sering saya pake 0,25uf.
  4. 2 buah platina. bisa punya mobil juga bisa punya motor. catatan palita ada yang kualitas buruk sangat pengaruh di kualitas setrum ikan.
  5. baut secrup secukupnya.
  6. isolasi secukupnya.
  7. papan kayu untuk merangkai alat setrum atau untuk menyatukan komponen.
  8. tangkai tipis.
  9. penyangga tangkai.


jika sudah terkupul daftar bahan yang di butuhkan selajutnya mulai merakit komponen yang pertama adalah menyatukan kawat imael dan inti besi lunak. sebelum menyatukan antara inti besi kita harus menyusun inti besi sebanyak kurang lebih 30 biji sehingga besi keren atau inti besi tersusun menjadi persegi panjang. selanjutnya belit dengan isolasi sampai besi tidak terlihat. setelah terbelit dengan isolasi lalu belit lagi dengan kertas. bisa menggunakan kertas mika juga bisa menggunakan kertas semen kurang lebih 10 belitan. lalu belit lagi dengan isolasi sampai merata tidak terlihat kertas tadi yang di belitkan. jika sudah selesai langkah selajutnya meyatukan antara inti besi dengan kawat imail. dengan cara melilit. cara melilit kawat ini tidak boleh asal asalan jika anda ingin alat strum ikan yang anda rakit menghasilkan alat penagkap ikan yang bisa di andalkan.
lilitlah kawat imael di keren yang telah tersusun tadi dan terbelit isolasi dan kertas searah jarum jam mutar kekanan ingat ke kanan. setalah lilitan nyampai ujung inti besi belit saja dengan isolasi ingat yang rata belitnya.lalu lilit lagi ke arah ujung inti besi lagi jika sudah sampai ujung belit lagi dengan isolasi lagi sampai 3lapis. setelah itu kasih ujung keluar dari lilitan lalu lilit lagi sisanya semua. tapi ingat setiap lapisnya di isolasi. jika udah selesay melilit.
siapkan papan kayu ukuran lebar 13cm panjang 18cm. untuk memasang komponen atau merakit silahkan lihat skema di bawah ini.

skema gambar rangkaian di atas adalah rakitan tipe setrum lilitan primer dan skunder yang tidak jauh beda ama tipe primer saja. tinggal merubah ujung yang keluar dari lilitan yang tengah. untuk skema yang tipe primer sekunder baru saya bikin. dan ukuran kawat yang saya bahas di sini menggunakan ukuran 1mm. ikuti terus perkembangan yang akan saya sampaikan di jasa membuat setrum ikan . dengan ukuran kawat yang   yang lebih besar dan tentunya hasilnya lebih kuat di banding ukuran kawat yang kecil.
Previous
Next Post »

5 komentar

  1. kalo yang di maksud dengan hurup ( c ) di gambar sekem,itu apa terus untuk saklar di mana ,terima kasih.

    BalasHapus
  2. biasanya kawat yg dipake seragam/2 jenis kawaat buat kumparan primer dan skundernya?
    makasih bozz

    BalasHapus
  3. mas kalau saya pakai koilnya mobil apakah bisa mas? daripada gulung2 sendiri

    BalasHapus
  4. kalo pake 2 lilit biar setrum bagus pake kawat ukuran berepa maaaas.......

    BalasHapus