cara membuat dan memakai alat setrum ikan

membuat setrum ikan menurut saya memang lebih mudah di banding cara pemakaian alat setrum ikan. jika sekedar menggunakan memang cukup mudah semua orang pasti bisa. di sini yang saya maksud adalah mengoprasikan alat setrum ikan biar dapat hasil tangkapan ikan yang banyak. bagi agan yang ingin belajar membuat alat setrum ikan silahkan agan membuka halaman cara membuat setrum ikan disini. bagi yang pengen tahu cara cara menggunakan alat tersebut supaya dapat tangkapan ikan lebih banyak silahkan lanjut baca halaman ini.

setrum ikan adalah hanya sebuah alat yang tidak akan bisa bekerja jika tidak kita oprasikan. benar tidak gan hehehe. perlu agan ketahui sebuah alat setrum sebelum di gunakan kita harus menyeting di bagian platina. juga harus di bersihkan dengan amplas jika ada kutilan di bagian platina. jika agan tidak memperhatikan hal tersebut arus listrik yang di keluarkan dari alat tersebut juga tidak maksimal. jika tidak maksimal tentunya akan berpengaruh dengan penghasilan penangkapan ikan.
pengaturan atau seting bisa agan sesuikan dengan ke adan air di daerah agan masing masing. kenapa saya nyuruh menyesuaikan kadar air di daerah masing masing. menurut saya kadar air di lain daerah tingkat ke asamannya berbeda beda apalagi daerah yang dekat dengan sungai yang menjurus ke laut kadar asamnya lebih tinggi.

ciri ciri setingan bagus atau tidak, bisa di ketahui dari suara alat setrum ikan. nyaring bersih bisa di aggap bagus. khusus yang tipe 1 lilitan. jika alat setrum yang tipe 2 lilitan beda lagi jika suara ada yang suara berisik kasar ada yang lebih nyaring lagi agan coba coba aja mana yang hasil di anggap bagus.

jika sudah di seting arusnya. selanjutnya mengoprasikan alat setrum ikan. biasanya bagi pemula mencari tempat yang sungainya bersih alias tidak ada semak2 seperti enceng godok dll. perlu gan ketahui ikan itu lebih suka di tempat yang ada tempat persembuyiannya ya itu semak2. pokoknya airnya yang ketutup dengan tubuhan air.

untuk menangkap ikan yang ada di semak2 agan harus mempunyai kewaspadaan yang peka. mata harus fokus di bagian stik dan telinga harus siap untuk menangkap suara yang terdengar dari lokasi yang di setrum. misalkan pas agan meyetrum di tempat yang tidak kelihatan airnya jika pas watu agan mendegar suara buk itu bisa saja bertanta ada ikan. jika ada suara seperti itu setrumnya di panjar sejenak jika sudah buka semak2 tadi lalu agan raba2 bagian dasar air yang tepat suara buk itu keluar. jika ada pasti sudah terkapar di dasar. dan biasanya ikan yang sampai mengelurkan suar buk ikannya berukuran besar.
peka mata. mataharus fokus di area kedua setik. jika agan melihat di semak waktu strum di hidupkan jika terlihat semak2 seperti ada sendullan dari bawah air itu bertanda ada yang terkena setrum. jika itu yang terkena ular waktu agan nyala nyalain setrum pasti gerak gerak terus semak2nya jika yang terkena ikan hanya 1 kali gerakan sendulan dari bawah air. karena ikan sewaktu terkena setrum di naik ke atas lalu tenggelam lagi. jika ikan besar saat kena setrum ikan tersebut juga naik ketasnya juga kecang sehingga semak2 kelihatan kayak ada sendulan dari dalam air.
jika agan ingin mendapatkan ikan lebih banyak cari aja sungai yang ada tubuhanya seperti enceggondok yang lebah kangkung lumut dll. hal seperti itu biasanya di lakukan orang2 yang profesonal. jika agan binggung dengan penjelasan di atas agan praktenkan aja lansung dan amati semua gerakan dan suara yang tibul dari area yang di setrum.
ikuti terus perkebangan jasa membuat setrum ikan lain kali akan saya bahas trik menyetrum ikan di air yang dalam. oke terimaksih.
Previous
Next Post »
0 Komentar