Tips Membuat Medan magnet alat setrum ikan yang bagus

Sblm nya saya ucapkan salam gan, Kali ini saya akan berbagi pengalaman tentang medan magnet pada alat setrum ikan.
Stelah saya cermati dari banyak komentar yang di tanyakan kesalah nya ada di bagian lilitan / gulungan kumparan, sehingga membuat strum ikan tidak bekerja secara maksimal.

Perlu agan ketahui jika sebuah alat pengejut ikan mempunyai medan magnetik yang kuat hasil nya bisa lebih maksimal pengeluaran arus listrik nya.


Bagai mana cara nya membuat alat setrum ikan supaya medan magnet nya kuat, masalah ini sebenar sudah pernah saya posting dengan judul menentukan kawat alat setrum ikan.
Untuk menghasilakan arus listrik yang bagus pada setrum ikan medan mahnit nya juga harus kuat, Supaya kuat agan harus tahu dulu arus batree yang bakal agan pakai untuk mensupley rakitan alat setrum bakalan agan buat.

Contoh: Misalkan agan menggunakan 2 batee bertegangan arus dc 24 vol, kawat yang di gunakan untuk membuat kumpuran magnet berukuran 1,8mm yang di perlukan cukup 1kg sudah cukup bagus untuk menghasilkan medan magnet yang kuat, Jika berlebihan kawat kumparan hasil nya bisa melemah, Kenapa bisa begitu?. Itu karena arus btree yang asuk ke kumpuran kurang besar, sehingga medan magnetik nya kurang kuat, Pengaruh nya suaranya kasar dan pada saat di pakai menyetrum ikan, kaget dan lari meskipun stik sudah sangat dekat dengan ikan.

Apa yang agan baca disini biasa agan buat pedoman jika agan ingin membuat alat tersebut.
Catatan:
Yang perlu agan perhatikan ialah arus batree dan kawat yang di perlukan, jangan sampai kelebihan arus dan juga jangan sampai kelebihan lilitan.
Arus batre / aki Harus di sesuaikan dengan lilitan.
Cukup sampai disini dulu jika ada yang perlu di tanyakan silahkan berkometar.


Previous
Next Post »

8 komentar

  1. mau tanya gan saya sering bikin setrum ikan tpi hasilnya belu begitu memuaskan. boleh minta petunjukny apanya sih yang kurang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur saya katakan gan, Selain alat pemakai nya juga harus pintar" memakai trik cara menangkap ikan menggunakan alat yang di gunakan.
      Kl masalah alat nya, batree ama gulungan/lilitan harus sesuai, Saya contoh kan misalnya agan pakai tipe primer spul gulungan dengan kawat imel 1kg ukuran 1,5mm agan pakai 1 batree/aki hasil nya pasti gak se imbang/tdk maksimal, Masalah nya kebayakan lilitan, suplay arus batree tidak mampu.
      solusi nya perlu di kurangi itu lilitan, jika kurang lilitan juga gak tepat, platina pasti sangat panas juga mempengaruhi kinerja alat.
      Inti nya componen satu ama yang lain harus saling mendukung baru hasil maxsimal.
      Jika alat sudah maxsimal tinggal yang mamakai harus pintar" menggunakan trik-trik nya.
      Itu yang bisa saya sampaikan.

      Hapus
  2. pak kenapa strom saya jika di tespen yg nyala cm pada stik jaring..yg stik ikanya tdk nyala...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan memang seperti itu, sebanar nya yang di tes nyala di buat stik ikan juga gak papa, Jika udah di dalam air kedua nya sama2 nyetrum, Kl di darat yang nyala jangan di sentuh yang tidak kesentuh tidak apa2.

      Hapus
  3. Gan kalu pake 2 batree/aki 12 10mah. Lebih tepatnya pakai kawat email ukuran berapa dan bratnya berapa gan .mohon pentunjuknya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1,9mm, 1,8mm 1,7mm 1kg gan, saran gunakan 1,9.

      Hapus
  4. Maaf gan mau tanya..
    Klo sepul cepat panas sama alat sering mati saat di gunakan itu penyebab nya apa gan sama solusinya gmna gan. Mksh sblnya

    BalasHapus
  5. Tanya dong, klaw buat aki 12v 1 aki, ukuran kanal nya berapa ya

    BalasHapus