Gambar skema Cara membuat senapan pcp gas

Stelah saya praktek membuat senapan angin pcp atau biasa di sebut senapan gas kini saat nya saya berbagi pengalaman dengan agan" semua yang ingin membuat senapan pcp sendiri, saya tahu bahwa bedel / snapan pcp harga nya cukup mahal, murah2 nya masih ada 2 juta yang mahal bisa mencapai puluhan juta, karna  harga yang cukup tinggi saya jadi kepikiran untuk membuat nya sendiri dengan peralatan se adanya dan bahan yang saya gunakan untuk membuat senapan angin model pcp memakai barang2 bekas, maklum lah uangnya buat kebutuhan yang lebih penting dari menuruti hoby.

Baiklah langsung saja kita mulai, sebelum di mulai agan lihat dulu skema senapan yang ada di bawah ini.

Stelah agan perhatikan gambar caranya membuat bedil angin atau senapan angin saya akan mejelaskan fungsi fungsi nya, Perhatikan bagian tabung nya saja karna saya yakin agan yang ingin membuat senapan ini sudah mempunyai senapan uklik atau sejenis nya, bagian laras atau lup nya sama saja seperi yang agan punya saat ini, hanya saja bagian tabung angin dan sistim keluarya angin mungkin berbeda, sebagian senapan uklik juga ada yang hampir sama, kl agan punya yang sperpat nya mirip tentunya akan sangat mempurmudah, karna dapat di jadikan contoh.

Bahan yang perlu agan persiapkan ialah pipa besi kuningan, bisa stenlis stell, bisa titanium bisa juga arluminium, tebal nya usahakan paling minim 3mm. kalo agan mau seperti yang saya pakai, saat saya bikin menggunakan skok motor bekas gan, murah meriah juga tebel hehehe, tapi kalo lapisan nya terklupas bisa karatan.

Untuk membuat tabung pentil nya bagian depan dan belakang agan bisa menyeruh bengkel bubut, lihat gambar di atas gan, pentil bagian depan lubang masuk angin ke tabung pcp, lubang nya bikin kecil saja, pentil belakang agan besar karena bagian petil belakang akan mempengaruhi angin keluar dan meniup pelet atau peluru/mimis timah.

Stelah pentil bagian depan dan belakang siap jangan lupa di kasih sil untuk mencegah kebocoran angin. baik belakang dan juga pentil depan.

Stelah di satukan sperti scema di atas, coba isi dengan agin pakai popa untuk sementara apakah terjadi kebocoran angin, soal nya harus benar2 rapat gan tidak boleh ada kebocoran angin meskipun sedikit.

Saran saya jika agan ingin membuat senapan pcp cari senapan bekas, yang model nya ada pemukul nya di bagian belakang, contoh seperti binyamin lokal, dalaman nya saya gunakan untuk pratek.
Lihat apa yang sudah saya bikin gambar nya ada di bawah ini.


SHOT, atau buat menembak bisa sampai 35-45 kali tembakan,  power lumayan besar, sayanya laras atau lup nya sering saya masukin peluru ikan jadi agak rusak alurnya, alurnya udah hampir gak jelas, akuransi 35-30 meter cuma pakai fisir saja masih rapet.
Previous
Next Post »

19 komentar

  1. mantap gan,
    klo senapan sharp innova kira2 bs ga gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm pernah bongkar inova shrap gan, jadi sya todak tahu.

      Hapus
  2. Gan...., pentil anginnya pk apa? Pentil motor atw mobil. Senapan canon Bold 747 bisa kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pentil depan saya pake tabung dalam senapan biasa gan, sy ambil tabung bagian depan nya saya lalu saya pasang dengan cara mematri nya di bagian belakang tutup pcp depan.

      Hapus
  3. Salam door...gan mau tanya,apa bisa senapan bekas frenklin delox/sejenis benjamin bisa dimodifikasi jadi senapan pcp,soalnya ada bagian tabungx pake hamer/pemukulx...terus gman gan bagian depan dipasang pentil motor/mobil/tobles apa bisa menahan tekanan anginx?segaligus pencerahanya makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan lepas tabung bagian dalam, tapi yang bagian depat nya saja, Lalu pindah ke bagian depat tabung utama, Perlu sekit modifikasi.
      Yang saya terapkan seperti itu gan.

      Hapus
  4. Gan kalo senapan pcp bocor itu perlu di ganti apanya?, bocornya dari depan tepatnya di pengisian angin, trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu sil kopler / gelang karet kecil nya gan mungkin udah keras atau cedra di karet,sehingga menyembabkan kebocoran, perlu di ganti.
      sebelum nya coba isi full dulu siapa tahu bisa kembali normal, gak perlu bongkar.

      Hapus
  5. Alhamdulillah, terimakasih mas gak perlu bongkar ,setelah saya isi penuh anginnya ternyata tidak bocor lagi 😊😊👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke terimakasih nya di trima hehehe, salam door.

      Hapus
  6. gan bahan+cara patri gimna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pake timah biasa di beli di toko eletro nik gan, Alat solder nya usahakan yang 60what ke atas,
      Cara matri nya, Karena bahan yang akan di patri cukup tebal kl cuma pake solder saja tidak mampu gan, perlu bantuan api kompor gas.
      yang ingin di patri silahkan di pasang lalu ikat dulu dengan kawat, lalu di panggang di atas api kompor gas, Setelah panas terasa cukup, silahkan kasih timah dan di ratakan pakai solder.
      Sebelum mematri bersihkan permukaan yang mau di patri pake amplas biar timah mudah nempel.

      Hapus
  7. Salam satu Laras gan saya dari Magetan
    Saya punya pipa skok bekas cb itu cara buatnya gmana gan materinya pake apa sama bagian bawah pake tabung Benjamin bisa gak gan. Pengisian anginnya pake pentil ban tubles bisa gak gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa nya sich bisa tapi kuat apa tidak nya saya kurang tahu gan, yang saya gunakan buat pentil/kopler pengisian nya tabung angin bagian dalam yang depan saya lepas dan sedikit modif saya pasang buat kopler pengisian

      Hapus
  8. Bos timah soder untuk matri senapan nya bos apa sama dengan timah soder mekanik elektro. Dan cairan sodernya pake cairan soder apa bos. Tolong infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. timah elektro sama gan, yang pernah saya coba merekat juga kuwat, saya gak pake cairan sama sekali.

      Hapus
  9. Share yang Sharp Innova dong mas, barangkali temen ada yg udah modip inovva jd pcp.

    BalasHapus
  10. Kalo senpan shaf tiger bisa gan

    BalasHapus
  11. Gan itu kupler pengisian nya pake apa,pentil ban kah atau kupler untuk PCP?

    BalasHapus