Cara mudah memperbaiki lampu hemat energi yang mati/rusak

Askum slamat sori gan udah beberapa hari ini saya belum mengisi data yang baru di blog sy ini yang cukup sederhana ini hehehe. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagai cara memperbaiki lampu hemat energi yang rusak atau sudah mati dan tidak bisa nyala dari pada di buang kalo masih bisa di perbaiki kan bisa di pakai lagi iya gak. bisa hemat lamu juga bisa hemat uang gak jadi beli lampu dengan yang baru karena yang rusak bisa agan perbaiki sendri. dan jika agan udah lihai memperbaiki atau servis lampu tersebut bisa di jadikan sampingan gan, jadi tukang servis lampu, kl gak salah saat ini sudah banyak yang memanfaat kan servis lampu tersebut jika ada yang rusak atau sudah tidak berfungsi dan biayaya perbaikan ada yg matok 5000 / lampu yang rusak lumayan lah buat tambah masukan heheh. gak perlu panjang lebar lasung persiapkan keperluan yang  akan di gunakan untuk perbaikan lampu hemat atau lamu TL yang rusak atau sudah mati.

Peralatan perbaikan lampu jari atau lampu TL.
  1. obeng min, berguna untuk membuka dan mencongkel kerangka lampu agar terbuka.
  2. multi tester atau biasa di sebut avo meter. berguna untuk pengecekan hidup matinya komponen lamu.
  3. beberapa lampu bekas yang sudah gak bisa di gunakan. berguna untuk mengambil komponen yang masih bisa di gunakan.
  4. solder dan timah lunak/ platri berguna untuk melepas komponen dan menyatukan komponen.
jika sudah siap keperluan yang di gunakan untuk memperbaiki lampu hemat energi. agan siapkan lampu yang rusak yang akan di servis atau mau di perbaiki.
pertama agan buka cangkang lampu dengan cara di congkel jika sudah terlepas agan pasti melihat terdapat komponen seperti resistor kondesator dan transistor seperti apakag komponen tersebut agan lihat gambar di bawah ini.
Didalam lampu tersebut pasti terdapat komponenen seperti yang terlihat pada gambar di atas.
Tapi sebelum agan mulai memperbaiki pastinya agan pengen tahu tahu pada bagina mana yang rusak.
Dan biasanya lampun sejenis itu rusaknya kelihatan gan.
Langkah pertama agan cek dulu filamen pada lampu jika agan tidak tahu bagian filmen nya selain komponen di atas pasti ada jari jarinya tapi semua gak berbentuk jari ada yang berbentuk sperti lilitan yang melingkar lingkar ad juga yang lurus agan pasti udah tahu yang saya maksud itu yang berwana puti kaca itu. pada bagian yang menancap ke dalam cangkang pasti ada ujung 2nya agan cek dulu pada baian tersebut dengan menggunakan molti tester, dan biasanya lamu jenis merek terkenal dan harganya gak mahal kalo sudah lama yang rusak kebanyakan filamen putus, jika sudah agan cek pasti dengan multi tester pasti ketahuan putus tidaknya, jika sudah putus gan cari aja penggantinya, jika terpaksa tidak ada pengganti yang seperti aslinya ganti aja dengan seadanya yang penting filamennya masih baik. jika sudah agan ganti coba di di coba hehehe kl nyala agan berhasil di babak pertama perbaikan lampu hemat yang rusak horee hahaha.

Langkah selanjutnya jika filamen masih dalam kedaan oke atau masih baik tidak putus agan perhatikan komponen2 yang seperti gambar di atas, jika ada yang kelihat seperti kebakar lepas dengan solder yang sudah di siapkan tadi, dan biasanya kerukan komponen lampu Tl terdapat pada TR atau transistor, dan resistor. kompnen transis tor ini putus atau dropnya biasa di ketahui dengan menggunakan alat multi tester, yang mana sih yang namanya transistor itu logan yang ada kaki bawahnya ada 3 gambar di atas yang warna hitam, kl gak bisa tes atau cek cabut ganti aja gan tapi ingat no serinya yang sesuai, jika sudah pastikan resisitor yang ada di bagian rakitan lampu perhatikankan juga jika masih ada yang kelihatan agan curigai rusak dengan kondisi yang tidak wajar seperti gosong atau kelihatan mau terbakar ganti aja. begitu aja gan gak terasa udah sore sekian dulu gan jika da gendala atau masalah cara memperbaiki lampu hemat energi yang rusak agan biasa bertanya di kotak komentar, selamat mencoba terimakasih wslm.
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. tenk cipratan ilmunya, teruslah berbagi ..............

    BalasHapus
  2. gan cara ngetes pake multi tester gimana ya? ane awam bgt nih soal ginian,tapi pengen bisa. mohon pencerahan.

    BalasHapus
  3. coba agan cari info tentang basis colektor dan emetor itu rumus cara cek transistor supaya lebih jelas gan.

    BalasHapus
  4. gan kalau lampunya hidup setengah merah itu apa yang rusak ya kira kira

    BalasHapus
  5. Saya pengen tau donk ilmu elektro dan saya bleng untuk elkto ,tp keliatannya menantang juga dan menghasilkan ya,saya mau bertanya kalo mesin lampunya baik,TPI lingkaran neon nya (yg keluar cahayanya mati sudah item )itu bisa nyala kembali gk cara nya juga ya gan

    BalasHapus
  6. salah satu elemen neon putus gan, gak bisa di perbaiki, Di kanibal saja, kasih neon yang lain, kl ada yg mesin rusak neonya masih bagus.

    BalasHapus
  7. kaLO resistornya ukuran berapa?????

    BalasHapus