Panduan lengkap cara memperbaiki speaker aktif rusak

Slamat sore gan, mumpung saya lagi santai di rumah saya ingin berbagi cara cara memperbaiki speaker aktif yang rusak mati total, mendengung, mati sebelah, dan suara speaker aktif pecah.
Jika agan ada yang mempunyai speaker aktif yang kerusakannya seperti yang sudah saya jelaskan tadi agan dan ingin membutulkanya silakan baca di sini panduan cara memeperbaiki speaker aktif yang rusak.

Langsung saja gan yang pertama cara memperbaiki speaker aktif mati total.
Langkah pertama agan lakukan pengecekan atau pemeriksaan. pada kabel yang menghubung ke listrik sampai ke bagian sekring yang ada di rangkaian mesin speaker aktif. mungkin ada kabel atau sekring ada yang putus.
stelah agan prikasa masih ke adaan bagus agan cek power on/of nya. bagaian on of ini biasanya kalo sudah lama juga sering rusak dan menyebabkan speaker aktif mati total.

speaker aktif rusak mengerluarkan suara mendengung kencang tanpa mengeluarkan suara musik.
 kerukan sperti ini bisanya terjadi karena ada komponen speaker tidak berfungsi alias drop.
Langkah yang harus agan lakukan jika ingin mempebaiki speaker aktif rusak mendengun keras mau tidak mau harus membuka box speaker agan untuk di priksa hehehe.
Setelah agan buka akan teelihat rangkaian kit speaker aktif kira2 gambar mesinya seperti gambar di bawah ini lihat dulu gan, sebagaian mesin ada yang beda tapi hampir semua cara kerjanya sama.
Stelah agan lihat perhatikan komponen yang ada pada spekaer aktif agan ada komponen yang merekat pada peredam besi arluminium, di situ agan perhatikan ada 4 biji transistor dan serinya biasanya ada yang 41 dan 42, dan ad juga 2955 dan 3055. komponen2 tersebutlah jika sudah tidak berfungsi atau drop menyebabkan mengeluarkan suara mendengung kencang dan tidak mau mengelurkan suara musik.
jika agan tetap ingin bisa memeperbaikinya agan tes atau cek transistor tersebut satu persatu dengan menggunakan mutli tester.
jika agan tidak bisa cara tes atau memastikan mana yang drop dan mana yang tidak coba agan brosing dulu cara tes transistor klik di sini gan untuk  brosing cara cek transistor.
jika agan sudah tahu mana yang masih di gunakan dan sudah drop ganti dengan yang baru transistornya yang sudah drop, catatan jangan salah tempat gan jika masanga transistornya dan jangan lupa lihat komponen alain yang ada di sekitarnya biasanya ada juga yang sampai kebakar.
Jika kerusakan masih di bagian transistor dan belum menjalar ke penguat suara yang lain pasti agan kembali normal stelah di ganti dengan koponen transistor yang baru. jika masih blm normal setelah di ganti itu bertanda masih ada komponen speaker yang masih tidak berfungsi. agan cek 2 aja komponen yang lainya.

Speaker mati sebelah cara memperbaikinya hampirsama dengan speaker mendengung agan cek bagian mesin dimana yang menghubung ke sepeaker yang mati. kerusakan hampirsama gan da di bagian transistornya. tapi sebelumnya agan cek dulu kabel2nya siapa tahu ada yang putus.

Dan yang terakhir cara memeperbaiki speaker aktif suara yang di hasilkan pecah dan terdengan tidak normal.
solusinya agan coba lepas speakernya lihat kabelnya mungkin tdak tersambung dengan baik. langkah terkhir stelaha semua di pastikan masih kondisi baik coba ganti dengan speaker yang lain. hal ini juga bisa di sebabkan spul atau lilitan yang ada di dalam sudah sudah hapir terbakar.
untuk kerusakan speaker aktif yang lainya sperti voleme saat di putar mengeluakan suara gemuruh tidak beraturan agan baca tulisan potisting yang lalulu baca di sini gan cara memeperbaiki atau membetulkan speaker aktif rusak.
Previous
Next Post »

32 komentar

  1. slamat pag gan...mau minta petunjuk saya pny speaker aktif klo dipakai lagu2 mati sebelah....,tapi klo dipakai dgn mic suarane bisa bunyi keduanya..terima kasih....

    BalasHapus
  2. tipsnya mantap, sy punya beberapa speaker aktif dan semuany mendengung klu sumber inputnya mati sprti CD/TV atau lainnya, udh diganti kabel audio video trnyta sm aja hasilny mungkin yg rusak transistornya kali y

    BalasHapus
  3. gan saya mau tanya kerusakan pada speker aktif
    suara basnya pecah klu di kecili bas nya ada keluar sedikit.
    itu kerusakannya apa.. 2 2 spekernya bas nya pecah klu di kuati

    BalasHapus
  4. kemungkinan tr nya ad putus gan tapi gak semua putus cuma sebalah aja sehingga tidak bisa bekerja normal, coba di cek dulu siapa tahu ada kabel yang putus bagian power suplenya jika masih baik semua br cek Transistornya.

    BalasHapus
  5. saya punya speaker aktif jadul SONIC GEAR Model BLUE THUNDER 3,
    udah lama ga dipake soalnya TWEETERnya R & L nya ga ada suara. tapi WOFERnya masih OK.
    mohon pencerahan serta solusinya kalo bisa STEP by STEP ya mas
    soalnya saya awam dengan dunia ELEKTRONIK.

    BalasHapus
  6. saya punya speker simbada CST 5100N ,hanya lampu LED nya saja yg menyala tp gak ada suaranya sama sekali,dulu pernah begini stlh sy belikan kabel penyambung dr speker ke Media playernya speker udh oke lg, tp skrg kabel jek itu msh bagus tp spker gk ada suaranya..mohon pencerahanya terimakasaih....

    BalasHapus
  7. kl tidak terdengar suara sedikit saja dari speaker, mungkin bagina dc power supleya gan. kl masih ada suara mendesis mungkin saja jalur inputnya putus.

    BalasHapus
  8. Selamat Pagi gan, Saya mau nanya bagaimana cara mengatasi suara audio speaker yang kadang-kadang mati sendiri(Off)..?? Bagaimana Cara perbaikannya gan thnks...!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan power hidup matinya /on-off nya udah mulai eror gan, coba di cek itu nya.

      Hapus
  9. tumpang tanya Gan.., sy punya speker aktif Polytron kalo di on MCB turun sudah di cek dioda ada yg putus dan TR ada yg short, ke duanya sudah diganti tapi masih tetep jeplak ke MSB itu apanya ya gan..? mohon solusisinya gan. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya sich pada IC acmetik nya gan masih ada masalah, Dulu saya pernah ngalami seperti itu suku cadang orijinal susah di dapat, akhirnya saya ganti pake travo manual.

      Hapus
  10. NumpAng tanya gan,mslhnya apabila sya buka volume bas dikit aja suara sember!cra mengatasinya gmn gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ada subwofer nya gak, jika ada mungkin setingan volume bas1 ama bassubower nya berlebihan,
      Jika tidak ada subwofer nya ada beberapa kemungkinan, volume udah gak berfungsi normal, Komponen gak sesuai, Daya power suplay kurang kuat juga bisa buat bas jadi gak teratur, Ibarat nya kurang makanan gan, Pada saat musik bass muncul memakan arus yang cukup besar.

      Hapus
  11. Kak mau nanya kalo spiker kecilnya nya suara 1 nya keras yang 1 kecil banget kenapa ya???

    BalasHapus
  12. Ada balance nya gak, kl ada mungkin pengaturan nya gak se imbang, kl tidak ada balance nya, semula normal tiba2 keras sebelah seperti yang agan keluhkan itu, kemungkinan ada yang tidak beres pada rangkaian tuncontrol nya juga bisa pada power.

    BalasHapus
  13. Malam mas, mau nanya,, saya punya speker aktif, lampu indikator nya nyala, tapi tidak mengeluarkan bunyi,..
    Tapi saat speker di On ada suara kecil yg keluar dri output speaker nya, kira2 masalahnya apa ya, mihon bantuannya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba volume utama di kerasin dikit lalu jalur input nya, Lihat yang ada di bagian belakang body box Sp di sentuh dgn jari ada suara mendesis keluar dari speaker tidak, kl ada artinya normal, kebel jeck nya mungkin bermasalah, kl tidak ada respon sama sekali kemungkinan rangkaian tunkontrol dan audio power aktip nya ada masalah.

      Hapus
  14. Pgi,sy mau tnya bg,speaker komputer sy simbadda,kmrin2 mati total,sy cb perbaiki power on/offnya+ada pngatur volumeny itu dgn cara slot kaki2nya bagian ujung 2 kakiny sy ikatkan jdi 1 dngn tmbaga o,1 mm,speakerny suarany hidup,tp cm sblah sj,itu dpt merusak komponen lain g,cr memperbaikiny bgmn y spy 2 speakerny fungsi 22ny..trmksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kl gejala nya mati total gak ada yang nyala lampu, pemeriksaan nya cukup di bagian power onf nya aja gan, mungkin tombol onof nya udah gak bisa berfungsi dengan baik, coba cari suku cadang nya di toko komponen electro, harga murah kok gak nyampe 5000 kayak nya.
      Mengikat kaki komponen jika jalur nya gak sesuai bisa mempengaruhi suara.
      coba kembalikan ke posisi semula, stelah ada lampu inikator nyala coba snetuh input nya, biasanya inputnya ada di colokon kecil kayak colokan hensed. di situ ada 3 jalur R L dan grond, R L nya biasa nya ada di ujung colokan pangkal colokan gron nya, sentuh ujug R dan L jika ada suara desis masih normal, Nyentuh R ama L nya satu satu gan, normal nya ada suara mendesis, Jika salah satu nya gak keluar desis itu yang bermasalah, Perbaikan nya di mulai jalur yang tidak keluar desis tadi.

      Hapus
  15. Siang gan sya mw tanya speker aktif sya merk GMC matot prtamanya tiba-tiba mati sndri saya cek sekrengnta hitam truz sya ganti tpi paz sya nyalakan on/offnya ada bunyi duk brsamaan dengan suara itu meteran listrik sya mati kira-kira apanya ya gan tlong infonya trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Transistor acmetik power suplay nya drop/udah mati gan, kl gak punya pengalaman servis di bawa ke bengke elektro aja.

      Hapus
  16. Gan saya mau tanya.. Saya ada speake kecil yg ada bas sama volume doang.. Dan speaker yg ada amplinya tapi udah matii .. Nah caranya gabungin speaker kecil sama yg ada amplinya gmana gann....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang mau di gabung speker nya saja atau amplipower nya.

      Hapus
  17. Masukkan komentar Anda.gan mau tanya,saya punya speaker merk nya Asatron Ht8825Usb.
    itu klu di on kan ada suara "Dug" terus indikator panelnya Biru (standBy) Nyala,
    tapi panel layar yg biasanya ada keterangan radio/jam/av (semacam input mode).
    ga ada nyala...
    kira2 kerusakannya di mn ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa saya pastikan gan, coba cek setrum nya masuk gak ke area rangkaian indikator digital nya, jika masih ada strum masuk mungkin IC indikator digital nya yang rusak.

      Hapus
  18. gan mau tanya... sy punya speaker aktif simbadda type cst x 218n... mati, tp lampu led pada pengatur suara menyala.... coba saya ganti Ic semuanya, trus saya ganti elco yang besar. tetap masih belum ada suara.... mohon pencerahannya gan.... terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba agan cek arus nya, apakah sudah benar2 masuk di rangakaian penguat suara nya, Area yang ada ic yang nempel di arluminium, Cek juga komponen area situ.
      ini agak ribet jelasin gan, so al nya rangkaiannya agak rumit menyatu dalam satu kit terus gak ada kode2 nya, Beda sekali ama speaker yang saya bahas di atas,
      Kl masalah suara simbada halus dan oke buat di ruangan tertutup.

      Hapus
  19. Gan saya punya speaker jbl Eon 612. Itu ch1 & ch2 arus yg masuk ke mixer mati, kira kira apanya yah. Sama mixer saya chanel group nya mati. Apanya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf gan saya belum buka-buka sound JBL,Jadi saya kurang tahu.
      Pernah mau beli harga nya selangit,gak jadi beli hehehe.

      Hapus
  20. mas aku punya speker aktip kok mati total udah aku cek semua nggak ada masalah

    BalasHapus
  21. sy punya speaker aktif merek gmc,lampu indikator nyala tapi gak ada suara

    BalasHapus
  22. Saya punya problem speaker aktif gmc 888a, jadi kalau sedang musik on, indikator flip-flop dan kadang musik off sendiri lalu indikator nyala terus, kenapa ya gan, mohon dibantu🙏🙏

    BalasHapus