Cara service, memperbaiki, mesin electronik DVD rusak, untuk pemula

DVD rusakSlamat pagi gan setelah beberapa hari saya tidak punya ide untuk memberikan informasi, dan pada pagi hari ini saya menemukan ide untuk membagikan tips cara service atau memperbaiki membetulkan DVD yang rusak atau eroor gak nyala atau tidak mau mutar, no disc dll.
Saya ingin membagikan tips ini itu karena DVD adalah perangkat electronik yang banyak di miliki oleh masyarakat untuk di jadikan hiburan.

Lansung saja saya bahas bagaimana cara memperbaiki atau membetulkan mesin electronik DVD yang rusak.
 Sebelum agan memperbaiki atau servis perangkat alat electronik DVD agan agan pastinya mengetahui ciri ciri kerusakan pada DVD agan.
Dan bisanya yang sering terjadi kerukan pada alat electronik ini.
  1. ac metic / power suplay aic mati/drop. dan ciri ciri kerusakannya mati total tidak ada yang menyala saat power on of di nyalakan. solusinya pertama agan cek pada kabel cop listrik setrum DVD sampai ke sekring powe suplalay dvd siapa tahu ada yang putus. setelah agan cek masih kondisi bagus maka agan lanjutkan untuk periksa bagian mesin power suplay ac metic. rangkain power ac metic ini agan bisa lihat di dalam jika sudah agan buka dvd agan pasti ada trafo kecil pada area tersebut pasti terdapat aic dl. untuk perbaikan ac metic ini butuh ke ahlian gan. jika agan salah akan membuat semakain parah hehehe. solusinya agan ganti aja mesin ac metic atau power suplaynya. murah kok gan kl gak salah harganya sekitar 20rb. sebelum melepas agan ingat ingat dulu y jalur kabelnya jika perlu agan catat.
  2. menyala tapi tidak mau mutar sama sekali jika mutar bulak balik gak beraturan, ciri cirinya no disc. solusi jika kaset atau keping DVD masih bagus maka dapat di pastikan ada yang tidak beres. sollusi buka dvd setelah kebuka agan akan melihat mekanik atau tempat dimana keping di dvd di taruh. gan buka lagi penghalang yang ada tepat di atas keping dvd jika agan buka sekalian ambil kepingan dvdnya akan terlihat beberapa komponen seperti motoran penggerak dan terlihat optik, optik ini berfungsi untuk membaca data yang ada di keping dvd. jika optik tersebut rusak maka proses membaca data tidak akan bisa. akhirnya hanya muncul tulisan no diss hehehe. solusi coba agan cabut pita kabel optinya lalu pasanga lagi siapa tahu cuma kendor sekalian bersihkan dengan kapas pada kaca optiknya, setelah di cabut dan di pasang lagi masih tidak bekerja, agan harus rela mengelurkan uang untuk menggati optik yang rusak tadi. jika agan beli suku cadangnya agan bawa aja contohnya yang rusak takutnya no serinya tidak sesuai, jika tidak sesuai sama saja tidak akan bekerja.
  3. nyala tapi berputar dengan baik tapi tidak tampak di layar televisi. solusi agan cek dulu kabel output vidionya mungkin sudah ada yang putus di dalam. agan pijam dulu ama tetangga buat pengecekan jika masih tetap sama. ada kerusakan sinyal output vidionya. langakah perbaikan ini di butuhkan ke ahlian khusus untuk pemula lebih baik jangan. karena biasanya sinyal vidio ini terdapat di mesin inpeg. dan biasanya kerusakan seperti ini tidak bisa di atasi solusi ganti inpegnya hehehe harganya mahal gan tambah dikit dapat dvd baru hahaha.
  4. mekanik tidak amau keluar, atau tempat dimana buat naruh keping dvd tidak bisa keluar. solusi ganti karet penggerak harganya murah gan cuma 500rupiah. jika masih tetap tidak bisa ada dua kemungkinan mekanik terkunci dan motoran lemah. motoran lemah solusi ganti gan. dan mekanik terkunci agan harus buka bawah mekaniknya gan lihat lihat aja dimana itu kok bisa keluarmasuk nanti ketemu sendiri hahaha.
Demikianlah informasi mengenai cara servis atau memperbaiki mesin electronik dvd rusak. semoga info yang saya sampaikankan ini ada manfaat dan dapat membantu agan yang ingin mecoba service sendiri atau memperbaiki dvd nya yang rusak, selamat mencoba.
Previous
Next Post »

6 komentar

  1. gan mau tanya...dvd home theater saya nggak mau nyala walau sdh dicolokin kabel powernya...awalnya ada gangguan Listrik PLN..listriknya mati terus hidup sebentar trus mati lg...tiba2 ada suara mendengung di dvd home theaternya...padahl listrik dr PLN belum nyala....setelah listriknya nyala saya coba hidupin dvd nya ternyata nggak mau nyala..kira2 rusak apanya ya gan...trims

    BalasHapus
  2. coba di lihat pada bagian power suplay nya gan, dan periksa komponen fuse atau elco nya, biasanya jika pln down atau up fuse putus.

    BalasHapus
  3. gan mau tanya home theater LG saya tidak bisa play kasetnya,selalu muncul tusilan disk eror,tapi klo play dengan usb bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika di sudah di ganti kaset lain masih eror, umum nya optik dis /atau komponen yang membaca kaset udah lemah gan, Perlu di ganti. jika agan mau lihat itu yang sudah lemah, posisi nya tepat di bawah kaset yg nyala merah seperi lampu laser, itu yang perlu di ganti.

      Hapus
  4. Apakah optik selalu nyala gan, trus keping vcd/dvd tdk muter

    BalasHapus
    Balasan
    1. nyalanya pas mutar/play aja gan, kl tidak play tidak hidup.

      Hapus