Cara servis, memperbaiki, membetulkan power speaker aktif rusak

cara memperbaiki speaker aktif rusakcara memperbaiki speaker aktif. mungkin ada sobat yang punya power sepaker aktifnya sedang rusak dan inigin memperbaiki sepeaker aktif yang lagi rusak maka agan bisa mampir di sini cara membetulkan atau cara memperbaiki speaker aktif agan.

 perlu agan ketahui ada macam-macam kerusakan pada power sepeaker aktif. untuk semetara kali ini saya akan meberikan tips untuk memperbaiki sepeaker aktif  yang potensio nya sudah mulai rusak dan ciri ciri potensio jika sudah mulai rusak bisa terdekteksi dari suara.
misalkan saat volume bass treeble dan volume atau yang lainya di putar terdengar suara bergemuruh, bisa kecil dan besar sendri dan terdengar berisik.

tips untuk memperbaiki atu membetukan power speaker aktif yang seperti saya jelaskan di atas.
 cara mengatasi kerusakan power speaker aktif yang telah saya jelaskan tadi sangatlah mudah.

jika ada speaker sobat yang rusak seperti yang tadi katakan langsung aja buka penutup belakang speaker aktif yang akan di perbaiki setelah terbuka sobat lihat rakitan speaker aktif dan perhatikan potensionya kalo sobat gk tahu apa itu potensio,saya kasih tau, itu lho yang biasa sobat putar buat ngecelin suara atau mengeraskan suara yang di putar-putar itu namanya potensio dah pada tau hehehe.

lanjut kembali lansung aja sobat kasih minyak bensin atau tiner masuk kan sedikit kedalam potensio yang bermasah dan putar-putar sampai ber ulang-ulang setelah itu coba sobat nyalakan speaker aktif  dan coba putar apa yang terjadi pasti voleme suara udah gak mengulauarkan suara grek-grek atau kemerasak dan gemuruh. jika masih gak ada perubahan sobat lepaskan kan aja dari penyensia dan ganti sama yang baru . mudahkan maaf gan saya gak menyertakan contoh gambarnya. cukup ikuti intruksi saja pasti bisa. nah selamat mecoba.
Previous
Next Post »

27 komentar

  1. gimana cara memperbaiki speker aktif yg suaranya kecil padahal udah saya fullin apa yg harus dilakukan

    BalasHapus
  2. coba agan cek kabel inputnya mungkin dah gak berfungsi dengan baik, jika kabel masih bagus, biasanya ada pada bagian on of pemidahan input ke cd tv. rusak atau salah tekan.

    BalasHapus
  3. gan kalau speaker aktifnya lama lama bunyi kresek2,,plereet2,,krutug2,dan kemresek lainya apa sama cara yang di atas??

    BalasHapus
  4. biasanya kerusakan yang agan sampaikan sama seperti di atas gan pada potensionya, juga bisa ada kebocoran elco yang udah mulai usang.

    BalasHapus
  5. Gan, q baru beli rangkaian speaker aktif, wktu dcoba gk bunyi, volumenya diputer2 gk bunyi, pas diputer lagi, bunyi kreteer.. pas dikecilin msh bunyi, trus keluar asap, slh 1 transistornya,, gmana klo ky gtu?

    BalasHapus
  6. kelihatanya tr penguat suara agan udah drop atau udah mati. jika blm mnyebar atau menjalar ke komponen yang lain di ganti tr nya bs lg. kl udah menjalar ke komponen yang lain lebih baik bawa ke tukang servis aja gan biar gak lebih parah.

    BalasHapus
  7. kitpower spikeraktifnya berapa harganya gan

    BalasHapus
  8. Mohon bantuannya gan, saya baru beli salon aktif dan masih di pakai sekitar 2 bulanan pas sudah sampai 2 bulan suaranya kok berubah iya gan kayak suara gemuruh gitu, kalo boleh tau itu apanya yg rusak iya gan dan cara memperbaikinya gmn, mohon bantuannya gan, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suara masih jelas gak gan, Jika masih terdengar musik, Pengalaman saya sich ada solderan nya yang gak kuat, juga bisa potensio nya udah mulai kotor, Dan masih ada kemungkinan lain gan sy gak bisa memastikan secara pasti, kl belum melakukan pemeriksaan.

      Hapus
  9. Kalo tiba2 mati dan gak hidup2 lagi kira2 apanya gan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika tidak ada respon suara mendesis dll, silahkan agan cek bagian tombol nyala hidup nya / tombol power, mungkin rusak itu nya, jika masih oke, mungkin kabel yang menghubung ke listrik, masih bagus kabel nya, cek lagi bagian power suplay nya, itu lo gan yang ada trafo nya.

      Hapus
  10. Mas. Kalau speker aktif ada suara dengung sebelah kalau music lg mati. Tapi dengungnya kecil... itu apanya ya? Oya speker aktifnya stereo mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan grond nya kurang gan juga bisa ada faktor2 lai nya contoh setingan bass nya terlau besar.

      Hapus
  11. Kalo saya kerusakan suara kecil pdhl udah gnti potensio volume ttep suara kecil ap yg rusak ya?
    Trus ada perbdaan gx ya potensio volume kya semodelnya bass treble v.mic bisakn di pindah ke volume?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa gan, tapi mungkin ada pengaruh sedikit jika perbedaan nilai potensionya telalu banyak, lihat nilainya biasa nya 50k hingga 100k. lihat di belakang body petensionya.

      Hapus
  12. Selamat siang, gan.. Speaker aktiv saya pada saat disetting dengan bass agak high, atau saat volume high, awalnya normal, tapi setelah beberapa menit, kemudian suara musik hilang dan speaker mengeluarkan bunyi serak yg keras seperti bunyi terompet tahun baru. Kalau di tombol power di off kan sbentar, kemudian d On kan lagi, suara normal lagi, tapi beberapa saat kemudian kembali mengeluarkan suara yg seperti tadi. Kira2 ada masalah panas berlebih ya, mas? Dan komponen apa yg kira2 udah perlu d ganti...?
    Mohon penjelasannya, mas.. Dan terimakasih banyak sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan nya ada kaki-kaki componen solderan nya udah melai usang, Juga bisa ada yang mulai lemah gan.
      Coba di perhatikan bagian bawah kit pcb rangkaian nya, dan juga lihatin komponen nya mungkin ada yg terlihat gosong atau ada yang meletus elco nya.

      Hapus
    2. Terimakasih atas petunjuknya, gan... :)

      Hapus
  13. Gan saran sih speaker aktif sy tombol / cetakan power rusak . Cara menghidupkan tanpa beli tombol power nya gmna ?? Atau menyambungkan kabel . Kabel ada 3 . Wrna putih kunging dan hitam .thanks sebelumnya

    BalasHapus
  14. Perhatikan kabel nya 1, yang menghubung ke travo dan yang mengarah ke colokan listrik. 2 kabel tersebut menghubung ke tombol, kedua agan potong lalu di sambung. masih ada satu biar kan saja, yang dua tadi stop kontak nya gan.

    BalasHapus
  15. Speaker aktif saya awalnya rusaknya mati sebelah,setelah saya periksa ada komponen yang pecah kemudian saya ganti tapi malah menjalar kemana mana rusaknya.
    dioda,resistor,transistor ikut2an mati....kira kira apanya ya gan ?
    Mohon petunjuknya. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masalah nya ada pad TR nya ada yang drop gan sehingga terjadi hubungan singkat.
      Cek semua TR yang nempel di arluminum/pendingin TR, yang drop di ganti.
      Cek juga doda nya yang dekat ama TR jika udah drop juga pelu di ganti, resitor nya udah kebakar juga di ganti.
      Bagian terpenting ada pada TR, 1 tr drop yang lain nya bisa ikutan jadi drop.
      Saat pemasangan komponen baru pastikan udah benar2 tepat.

      Hapus
  16. Klo potensio ukuran 100k dijadikan pengganti 50k kira kira pengaruhnya gmana om ?
    Dan apa perlu ikutan di ganti resistornya juga ? Thank jawabannya om

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengaruh nya suara yang di atur memakai potensio tersebut agak lebih kecil, tapi gak terlalu banyak pengaruh nya.

      Hapus
  17. Gan numpang nanya,speaker saya merknya simbadda ct 5000 kerusakan yg dialami pengatur bassnya rusak.kalo diputar full pun bassnya ga nyala,itu gimana ya gan benerinnya?trus yg komponen yg harus diganti apa ya gan?thanks gan hehe

    BalasHapus
  18. Gan numpang nanya,speaker saya merknya simbadda ct 5000 kerusakan yg dialami pengatur bassnya rusak.kalo diputar full pun bassnya ga nyala,itu gimana ya gan benerinnya?trus yg komponen yg harus diganti apa ya gan?thanks gan hehe

    BalasHapus
  19. speaker saya malah gabisa di matiin , itu gimana ya ?

    BalasHapus