Cara servis aki/accu basah kering lemah/Mati

Selamat pagi gan. pada pagi hari ini saya ingin berbagi cara untuk memperbaiki accu atau aki kering dan basah yang sudah lemah atau sudah tidak bertahan lama. semoga cara yang saya infokan ini dapat membantu agan2 semua supaya masalah aki atau accu agan yang lemah Atau Mati sehingga dapat berfungsi kembali dan dapat menghemat kantong Karena Gak JD bli aki baru agan oke.

CARA SERVICE ATAU MEMPERBAIKI ACCU/AKI LEMAH.
 caranya gini gan sebelum agan ingin mengembalikan kondisi accu agan yang lemah supaya semua tertarget sebaiknya agan cek dulu bagian accu yang lemah.
caranya begini gan perhatikan sel aki/accu agan dan lihat mana bagian sel accu yang kelihatan banyak kotoran yang menempel di sel 2 aki.
jika ada kotoran yang banyak menempel di sel maka itulah yang menyebabkan energi arus listrik tidak bisa tertampung dengan baik alias cepat habis jika di gunakan maupun tdak di gunakan tetap cepat habis.
 Sebagian accu/aki ada yang berwar tidak transparan atau tidak bisa di lihat selnya dari luar untuk pengecekan kan jadi gak bisa kelihatan untuk yang satu ini saya punya tips khusus gan hehehe maklum gan saya ini tukang utak atek yang gak bisa suapaya bisa itu hoby saya hahaha.
untuk yang warna tidak transparan caranya gini gan siapkan alat setrum accu yang cukup besar kapasitasnya. kl tidak punya bawa aja di tempat pengisian accu/aki.
agan tungungui sekitar 5 menit atau 10 menit stelah itu agan lepas dari alat pengisian lalu raba bagian sel accu nah jika tiap sel semua dingin itu wajar dan jika asa salah satu sel ada yang hangat atau panas tidak sama yang lainya itu sel yang punya masalah gan. bisanya hal seperti ini supaya cepat ketahuan saat pengisian charger arusnya yang masuk ke accu harus di atsa tengangan accu misalkan aki 12v maka charger arus yang keluar 15v hal ini akan cepat kelihatan mana bagian sel yang cepat panas dan lemah akan cepat terdeksi.

untuk memperbaiki accu/aki yang sudah ketahuan mana bagian sel yang lemah ada beberapa cara gan ada yang menggunakan metode air panas bahkan ada yang menggunakan obat sakit kepala untuk mengop timalkan sel accu yang lemah. biasanya obat yang di gunakan adalah BODREX he3x benaeran ini gan kl gak percaya silahkan browsing cari info bodrex untuk meperbaiki accu/aki pasti ada. tapi saya blm nyoba benar atau tidak dengan cara obat sakit kepala.

CARA MEMPERBAIKI ACCU/AKI LEMAH.
 Jika agan sudah biasa memastikan bagian sel yang di perkirakan lemah yang agan butuhkan bubuk edta namanya agan bisa beli di toko kimia biasanya ada.
jika sudah punya siapkan air dan bu2 edta 3-4cendok teh dan larutkan ke dalam air yang sudah agan siapkan, setelah larut masukkan air tersebut kedalam sel accu yang lemah. kocok 2 buang lalu ini lagi ulangi sampai kotoran dapat keluar.
jika sudah di pastikan bersih isi lagi dengan air aki/accu zuur bukan yang biasa gan tapi air yang sama pada saat aki pertama kali di isi. dan campurkan bubuk etda ke setiap sel yang lemah maupun yang masih bagus. setiap sel cukup kasih 1 cendok teh bubuk tersebut.
jika sudah lakukan pengisian strum dengan charger lalu coba dan lihat hasil yang agan lakukan.

jika dia atas untuk aki /accu basah selanjutnya memperbaiki accu kering.
 ini adalah pengalaman saya pribadi gan untuk aki kering yang sudah lemah.
caranya congkel bagian atas yang ada kelihatan lubang kecil. atau kl tidak ada pokoknya congkel saja yang agan rasa bisa di buka tapi ingat ada di bagian atas pasti bisa bukan samping gan.
jika sudah terbuka agan buka agan pasti lihat penutup2 dari karet kecil2 cabut aja gan itu penutup sel aki kering. jika sudah isi dengan air accu lalu tutup lagi yang rapat dan lakukan pengisian lihat hasilnya. demikian lah cara memperbaiki aki atau accu yang lemah. khusu yang aki kering yang sudah tidak berfungsi sama sekali jika agan lakukan cara di atas masih bisa kembali normal kl agan beruntung hehehe.
smoga dapat membantu dan bermanfaat. tenks.
Previous
Next Post »

18 komentar

  1. untuk aki kering itu di isi air aki biasa apa accu zuur gan?

    BalasHapus
  2. untuk aki raket nyamuk / senter bisa di perbaiki nggak gan??? tolong di kasih cara dan gambarnya donk, kalo bisa...

    BalasHapus
  3. wah kalo untuk batre strum nyamuk belum pernah nyoba gan.kalo gak bisa di ganti batre baru aja gan harganya cuma 10rb di jual di toko electronik ad.

    BalasHapus
  4. Makasih udah share gan, ane mau coba pada aki kering motor ane yg udah gak mampu starter elektriknya.

    HAPPY BLOGGING
    haccfiles.blogspot.com

    BalasHapus
  5. saya uda cara diatas untuk aki kering..
    setelah saya isi ulang, trus saya carger kok malah tutupnya pada mencolot semua gan,,?
    gimana gan?

    BalasHapus
  6. wak cas penutupnya buka dulu aja gan biar gas nya bisa keluar, kl udah agan kembalikan semua seperti semula baik penutup dalam dan luar.

    BalasHapus
  7. gan kalau aki di casnya 24 jam gak bakalan ngedrop atau rusak?

    BalasHapus
  8. gan aku beli aki kering yg baru, tp aku gak pakai disimpan aja, tujuannya kalau nanti akinya rusak baru aku ganti, tapi masalahnya kl aki kering yang baru ini aku simpan, lama kelamaan bisa rusak gak ? bagi agan2 yg punya info atau pengalamannya tolong di kasih tahu yah,,,

    BalasHapus
  9. toko kimia itu ,contohnya kaya toko penjual alat ac kh

    BalasHapus
  10. Terimaksih Ilmunya Om Semoga bermanfaat

    BalasHapus
  11. Infonya siap dipraktekinGan.kalo taudaridulu, Aki kering sayadulu,gk jdi Ronsokan Gan.untuk bang firman Batre raket bisa diperbaiki sama seperti aki kering.sy dahcoba.karna sy juga sering uprek_uprek,hehehe(-_-)

    BalasHapus
  12. lama strum aki basah berapa lama ?

    BalasHapus
  13. mas, saya kmrin nyervis aki basah dgn cara tak ksh air panas agar kerak2nya hilang, setelah tak ksh accu zuur, bisa normal lg...
    kalau aki kering saya gitukan jg gmn mas...?? bs apa ndak..?? ato cukup lgsg diisi accu zuur aja ato gmn....

    BalasHapus
  14. aki keringq dah bertahan 2 tahun,cr info atasi aki kering kasih air zuur warna merah walah sampe sekrng awet

    BalasHapus