panduan cara membuat setrum aki (alat pengisian battery) charger accu

Sebelum saya memulai cara membuat alat pengisian aki atau accu yang biasa disebut alat setrum aki. atau charger accu. terlebih dulu saya ingin menjelaskan bagaimna alat charger atau alat pengisian strum ini bekerja.
charger atau alat pengisi aki/accu ini berfungsi untuk menyearahkan arus bolak balik menjadi arus se arah yang biasa di sebut arus DC. dan lebih singkatnya alat ini bekerja merubah arus ac menjadi arus dc. arus dc ini nanti yang akan di gunakan untuk di salurkan atau di isikan ke battery atau aki/accu.

untuk membuat atau merakit alat charger aki/accu ini tidak susah agan semua bisa langsung bikin sendiri dengan membaca artikel panduan cara membuat alat strum accu/aki di tempat ini.
 Sebelum praktek siapkan bahan yang di butuhkan untuk membuat rangkaian alat pengisian accu/aki.
apa saja yang perlu di siapkan daftarnya lihat di bawah ini.
  • Travo usahankan yang ampernya besar biar lebih bagus da kuat.
  • kabel secukupnya.
  • solder dan timah/patri secukupnya.
  • dioda usahaka yang punya amperbesar biar lebih tahan panas.
  • jeck.
jika bahan untuk membuat alat setrum aki/accu sudah siap. selanjutnya agan lihat gambar skema yang sudah saya sediakan di bawah.
skema alat pengisian strum accu sederhana
maaf gan gambarnya skemanya jelek yang penting agan paham dengan apa yang saya maksud. lanjut.
agan lihat TRAVO agan yang sudah agan siapkan 0 dan 220 itu menghubung ke listrik rumah.
dan 0--12--15--18--dan 20 agan amati setiap travo ada yang sama dan ada yang beda. terkadang ada yang 0--6--12--15--dan 18.
dan ada juga yg model CT. contohnya. 18--15--0--15--18. pokoknya semua bisa  asal sobat memahami apa yang saya jelaskan di sini.
 Selanjutnya agan lihat kontak persegi yang ada tulisan dioda. diaoda juga tidak semua sama gan tapi fungsinya sama. jika agan menggunakan dioda persegi seperti gambar pasti ada tanda - dan +.
jika agan menggunakan dioda yang masih kapasiatas kecil bentuknya kecil. untuk lebih jelasnya gan brosing aja dulu ketik diaoda. pasti banyak.
 lanjut ke olah TKP.
Tanda positif itu akan menghubung ke aki/accu positif dan tanda negatif menghubung ke aki negatif juga. ingat gan jangan kebalik y. bisa fatal akibatnya.hehehe. gak percaya coba aja kl mau travo agan mau hancur hahaha. jadi perlu di ingat lebih baik kasih kabel yang sudah agan siapkan merah ama hitam jalur yang menghubung ke accu.
Jaka agan sudah memahami dioda yang bertanda negatif dan positif masih ada 2 lagi mungkin di aslinya tdak ada tulisan ac tapi gambar di atas ada tulisan ac itu sengaja saja kasih tanda ac biar agan mudah mengerti.
LANJUT. agan lihat di situ ada 2 kaki selain tanda negatif dan positif. kaki tersebut agan hubungkan ke travo netral 0. setelah agan menghubungkan 1 ke 0 kan masih ada kaki satu lagi- kaki yang terakhir ini agan perlu catat. jika agan mengisi aki/accu 12v. maka kaki yang terakhir tadi agan sambung ke tro 15- jika agan sambung ke travo 12 aki /accu agan lama terisinya. bahkan jika travo yang agan gunakan ampernya kecil seharia tidak bisa full terisi. maka dari itu saya menyarankan di taruh angka 15 supaya ada lebih yang masuk.
jika kondisi trafo terlalu panas agan tambahin kipas angin sebagai peredam.

alat charger ini cukup sangat sederhana tapi fungsinya sama tidak ada yang beda. akin motor akin mobil dll semua bisa asal ampertravo mendukung. jika terlalu kecil dan di gunakan mengisi aki amper besar seperti accu mobil hasilnya pengisian sangat lama sekali. maka dari itu yang di strum dan yang mengisi setrum harus sesuai biar hasilnya juga bagus.
demikianlah yang saya sampailkan semoga dapat membantu jika ada pertanyaan silahkan tulis di kotak kometar.

CATATAN PENTING. yang perlu gan catat biar semua berjalan baik aki/accu yang agan akan isi setrum itu berapa vol misal
/[ 14 komentar Untuk Artikel panduan cara membuat setrum aki (alat pengisian battery) charger accu]\
chaerum romadoni mengatakan...

Terima Kasih Atas Infonya

Alfian mengatakan...

Jika baterai yg kita strum 50 - 60 volt untuk chargernya brapa amper bos ..
Trimakasih tas ilmu nya..

ahmad mengatakan...

5amper era udah mampu gan tapi yang ct jangan yang 0

andi m arfah eky mengatakan...

bisa ngga alat setrum aki digunakan untuk alirkan strum ke kawat nikelin ???

ahmad mengatakan...

Tidak bisa pak,

Yosi Permajaya mengatakan...

Kalo mau nambahin kipas DC bekas Power Suppy Komputer gimana caranya mas ?? apa perlu dioda lagi ??

Iwan Arsetia mengatakan...

gimana kalau aki motor

ahmad mengatakan...

iya gan tambahin dioada dan elco. beri arus 12 vol sesuai dengan yang di butuhkan kipas.

Deden Kurnia mengatakan...

trafo ane 18 12 ct 12 18 ga ada 15nya, gmna ga solusinya ????

ahmad mengatakan...

kl di kasih 12 bisa gan tapi agak lama pengisinanya.
kl di kasih 18 di tungguin aja atau di kasih kipas angin biar panas trafo tidak berlebihan, tp jangan lama2 pengisianya cukup 1 jam aja mungkin btree dah full.

heri pramono mengatakan...

mas brow salam kenal kalau pake ct ap + dua2nya di pake terus apa perlu dioda lagi mohon pejelkasanya............. sebelumnya makasih.......

ahmad mengatakan...

intinya begini gan, misal kan agan cas 3 aki berkapasitas 12v, kl 3 aki kan total vol nya 36vol, jika trafo yang agan pake ct bisa di kasih 18 ct 18, 18+18=36 agan tidak perlu nambah dioda lagi, karna 18 yang dari arah kiri itu sama saja dengan 0 atau CT.

agil iksan mengatakan...

gan kalo arus yg keluAr dr power inventer pakai Aki 6 amper mampu ngecas aki 3.5 amper. menguras arus gAk

Yugo Trianggono mengatakan...

gan kayanya kalo pake pict lebih jelas gan.. tp thanks udah sharing :D

Poskan Komentar

Jika ada pertanyaan silahkan ajukan di kotak yang sudah di sediakan di bawah ini. terima kasih