setrum ikan menggunakan 2 aki12v

Bagi agan agan yang ingin membuat alat setrum ikan menggunakan 2 aki 12v di pasang secara pararel maka pembuatan lilitan atau kumparan setrum ikan harus berbeda dengan menggunakan 1 aki. misalkan 1 aki /batree 12v menggunakan kawat imael 1 mm sebanyak 3 lapis. kalo menggunakan 2 aki 12v maka lilitan kumparan harus di tambah menjadi 6lapis di bagian primernya. untuk lilitan skunder terserah agan mau di kasih berapa lapis, semakin banyak lilitan skunder maka arus yang di keluarkan juga makin besar. bahayanya juga makin meningkat karena setrum ikan jika memakai aki 2 atau 3 arusnya juga akan meningkat 2 x lipat.

begitu juga dengan alat setrum ikan tipe satu lilitan sama juga lilitan kumparan juga harus di tambah. misalkan alat setrum ikan yang agan buat menggunakan kawat imael ukuran 1,5mm. jika aki satu cukup dengan 4 lapis jika menggunakan 2 aki harus di tambah 3-4lapis lagi. semua mejadi 7-8 lapis lilitan.
jika agan tidak menambah lilitan kumparan kawat menjadi panas dan percikan api kontak platina tidak beraturan bisa2 mata platina bisa terlepas dari dudukan platina. dan kawat lilitan setrum ikan pun akan mudah melemah dan berpengaruh pada arus output alat setrum. semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu agan agan semua. bagi agan yang belum tahu cara membuat alat setrum ikan silahkan agan buka artikel yang telah saya ulas pada minggu kemaren dengan membuka halaman disini. terimakasih.
First

4 komentar

  1. agan nih mo nanya..gimana kalo lilitan kawat 1mm dengan 5 lilitan dan kawat 0,50mm untuk 7 lilitan dan menggunakan 2 aki kering

    BalasHapus
  2. bisa di coba gan. tapi panjang besi intinya usahakan di 11 cm ke atas ya, tapi jgn terlalu panjang juga sich.

    BalasHapus
    Balasan
    1. knapa arus sntrum nya ngak ngalir ke stik, padahal platina nya ok, travo nya ok,tolong solusinya

      Hapus
    2. Itu udah bisa bunyi blm, Kl udah bunyi harus nya arus dah keluar,
      Coba priksa rangkaian nya gan, Mungkin ada yang belum pas, Coba cocokan disini http://strumikan.blogspot.co.id/2013/03/skema-untuk-membuat-alat-setrum-ikan.html , Periksa kabel nya masih bagus gak, kawat imel yang menghubung ke setik udah di gosok hingga kelihatan tembaga

      Hapus